Sukses

Lifestyle

9 Rekomendasi Novel Terjemahan yang Keren dan Inspiratif

Fimela.com, Jakarta Membaca novel memiliki banyak manfaat untuk para remaja. Seperti untuk hiburan diwaktu luang, meningkatkan rasa empati, mengolah imajinasi, meningkatkan pengetahuan, memahami realitas kehidupan, bahkan bisa menjadi semangat atau motivasi dalam kehidupan.

Salah satu jenis novel yang seru untuk dibaca ialah novel terjemahan. Tentu saja, berbeda dengan novel lokal pada umumnya, novel terjemahan juga memiliki beberapa kelebihan. Ketika kamu membacanya, kamu bisa menambah sudut pandang dan mendapatkan pengalaman membaca yang berbeda karena didalamnya kamu mempelajari kebudayaan lain. 

Selain itu, novel terjemahan biasanya memiliki kosa kata yang tidak lazim digunakan, membacanya bisa meningkatkan kemampuanmu dalam berbahasa. Novel terjemahan bisa menggambarkan sesuatu dengan cara yang unik. 

Untuk itu, berikut Fimela.com akan membagikan 9 rekomendasi novel terjemahan yang keren dan inspiratif. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Pride and Prejudice

Sudahkah kamu membaca novel terjemahan yang ditulis oleh Jane Austen? Jika belum, kamu perlu membaca novel fenomenal yang satu ini. Novel ini menjadi salah satu karya Sastra Inggris yang tetap banyak dicari.

Hal ini dikarenakan pengemasan dan alur cerita yang menarik. Para pembaca menyukai cara Austen dalam menangkap karakter manusia secara terus terang dan dengan ketidaksempurnaannya. Selain itu, novel ini juga memberikan deskripsi yang romantis tentang feminisme dan kekuatan perempuan. 

Little Woman

Little Woman adalah salah satu novel terjemahan yang wajib kamu baca. Singkatnya,  novel ini menggambarkan 4 karakter perempuan muda yang berbeda. Pembaca akan dibawa pada karakter yang sesuai dengan dirinya dalam tokoh cerita tersebut.

Melalui novel ini, kamu bisa belajar tentang pahitnya hidup dan bagaimana cara untuk mengejar mimpi dan mencintai. Pastinya novel terjemahan ini bisa memberikanmu cara pandang yang berbeda dalam menghadapi masalah. 

Number The Star

Number The Star ditulis oleh Lois Lowry dan novel ini berhasil meraih penghargaan Newbery. Dilihat dari alurnya, novel ini berkisah tentang Annemarie Yohansen, gadis Denmark dan Ellen, sahabatnya yang merupakan orang Yahudi.

Adanya perang yang timbul oleh Nazi kepada orang Yahudi membuat Annemarie berusaha melindungi Ellen. Novel ini memiliki makna persahabatan yang dalam.

The Outsiders

The Outsiders merupakan karya terjemahan dari SE Hinton. Menariknya, novel ini ditulis saat penulisnya masih berusia 16 tahun. Lewat novel ini, kamu bisa menemukan kisah sekelompok remaja laki-laki kasar yang berusaha untuk bertahan hidup di tengah kekerasan.

Kemudian, melalui novel ini, kamu juga bisa mendapatkan amanat bahwa tumbuh dewasa tidak mudah untuk dilakukan.

The Kite Runner

Terakhir, ada novel berjudul The Kite Runner yang ditulis oleh Khaled Hosseini. Novel ini mengangkat latar belakang politik di Afghanistan. Latar tersebut nantinya berubah dari tahun 1970an menjadi setelah tragedi 9/11. Novel ini juga  berkisah tentang persahabatan yang rumit di mana memiliki banyak perbedaan.

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone

Sudah bukan rahasia lagi jika serial novel 'Harry Potter' adalah salah satu novel yang terkenal serta fenomenal. Serial ini terdiri atas tujuh buku, dan apabila ini pertama kalinya kamu membaca serial tersebut, kamu dapat memulai dari buku pertamanya, yaitu ‘Harry Potter and the Sorcerer’s Stone.’ Tenang saja, semua serial bukunya sudah bisa kamu temukan versi terjemahannya dengan mudah di toko-toko buku.

Singkatnya, serial novel yang satu ini menceritakan tentang seorang anak yatim piatu bernama Harry Potter yang tinggal di rumah pamannya. Namun, Harry diperlakukan tidak adil oleh keluarga pamannya tersebut, dimana di rumah itu Harry dipaksa untuk tinggal di dalam lemari di bawah tangga rumah pamannya.

Namun, hal berubah ketika Harry mengetahui bahwa ia merupakan seorang penyihir dan diterima di sekolah penyihir Hogwarts. Keberadaan Harry Potter di dunia sihir sendiri terbilang istimewa, karena ia merupakan satu-satunya orang yang berhasil selamat dari kutukan Lord Voldemort.

The Fault in Our Stars

Berikutnya, novel terjemahan yang juga menarik sekaligus mengharukan untuk dibaca ialah 'The Fault in Our Stars' yang menceritakan kisah Hazel, seorang gadis yang mengidap penyakit kanker yang menyebabkan kemanapun ia pergi harus membawa tabung oksigen untuk bernapas.

Hal ini membuat Hazel Depresi, sehingga sang ibu membuat Hazel menghadiri kelompok pendukung pasien kanker. Tidak disangka, dengan menghadiri pertemuan tersebut, hidup Hazel berubah ketika ia bertemu dengan Augustus Waters. Bagaimana kisah Hazel dan Augustus dalam menghadapi penyakit ganas tersebut? Jika kamu ingin tahu kelanjutannya, yuk segera baca novelnya!

Twilight

Selanjutnya, novel legendaris yang satu ini tentunya tidak bisa kamu lewatkan dalam list novel terjemahan yang perlu kamu baca. Twilight adalah sebuah seri novel karya Stephenie Meyer. Singkatnya, novel ini menceritakan Isabella "Bella" Swan sebagai seorang remaja yang pindah ke kota Forks, Washington yang kehidupannya berubah ketika ia bertemu dengan Edward Cullen, seorang vampir 'vegetarian'(tidak minum darah manusia).

Pada awalnya, Edward berusaha menjauhi Bella karena Edward selalu merasa tergoda jika menghirup aroma darah Bella. Akan tetapi lama kelamaan akhirnya Edward dapat mengatasi masalah tersebut dan kemudian mereka pun jatuh cinta satu sama lain, yang membuat sekolah membicarakan mereka.

New Moon

New Moon adalah novel kedua yang masuk dalam seri twilight. Ditulis oleh penulis yang sama, New Moon masih mengisahkan kelanjutan cerita cinta Edward dan Bella, namun kini ada Jacob didalamnya. Alur yang paling ikonik dalam novel ini adalah ketika Edward salah paham dan meyakini Bella sudah meninggal. 

Edward pun memutuskan untuk menyusul Bella dengan meminta agar dirinya dibunuh oleh keluarga Voltury yang merupakan hakim di dunia vampir, tetapi kemudian dihentikan oleh Bella dan Alice yang menyusul Edward ke Voltera, Italy. Mereka dipaksa menghadap klan voltury (Aro, Marcus, Caius), Voltury marah karena Bella terlalu banyak tahu tentang kehidupan vampir sedangkan dia sendiri adalah makanan yang sangat menggoda bagi para vampir. 

Rekomendasi novel-novel tadi tentunya bisa menjadi referensi bacaan novel terjemahan untuk Sahabat Fimela yang ingin mendapatkan pengalaman membaca yang seru dan inspiratif.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Mimisan saat Tidur pada Anak yang Patut Diwaspadai Orangtua
Artikel Selanjutnya
9 Penyebab Kucing Kurus yang Perlu Diwaspadai Beserta Cara Penanganannya