Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Butuh Cuti untuk Istirahat dan Menjaga Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Kesejahteraan di tempat kerja bukan hanya tentang kesehatan fisik. Kesejahteraan manusia seutuhnya lebih dari kesehatan fisik, nutrisi, dan olahraga, ini adalah kesejahteraan fisik, emosional, finansial, dan pekerjaanmu. Kita tahu bahwa stres kronis dapat menyebabkan Depresi dan tempat kerja yang toxic dapat merusak kesehatan mental.

Kesempatan cuti yang telah diberikan perusahaan kepada karyawan memang perlu dimanfaatkan dengan baik. Mengambil cuti beberapa hari bisa membantumu mengurangi stres. Namun, terkadang beberapa orang menganggap dirinya baik-baik saja. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan mental, berikut ini adalah beberapa

Kamu Tidak Bisa Fokus

Ketika pikiranmu sedang bekerja lebih kerjas, kehidupan berjalan begitu cepat sehingga kamu kehilangan gambaran besarnya. Dan ini pada akhirnya menyebabkan sejumlah stres, ditambah risiko kesehatan. Sangat menyenangkan menjadi bagian dari sebuah tim dan mendorong diri untuk mencapai tingkat produktivitas yang tinggi, tetapi begitu kesehatanmu terancam, inilah saatnya untuk mundur selangkah. Batasi gangguanmu, prioritaskan pekerjaan dan menjauhlah dari meja kerjamu untuk mengumpulkan pikiran. Tetapkan batasan realistis untuk diri sendiri sehingga kamu tidak terlalu berkomitmen dan akhirnya kewalahan.

Hubunganmu Terganggu

Apa yang terjadi dalam kehidupan profesionalmu memengaruhi kehidupan pribadimu, dan sebaliknya. Ketika keluarga, teman, dan kehidupan sosialmu perlahan menjauh, mungkin kamu terlalu sibuk dengan pekerjaanmu. Cobalah untuk menikmati waktu luang bersama keluarga, teman atau juga pasanganmu.

Hubungan sosial adalah bagian dari menjadi manusia, dan itu salah satu cara untuk mencegah kelelahan karyawan. Manfaat dari koneksi ini untuk kesejahteraanmu secara keseluruhan tidak boleh diabaikan, karena kesepian dari isolasi sosial atau kelelahan dapat memiliki konsekuensi serius.

Kamu Menunjukkan Tanda-tanda Fisik Bahwa Kamu Sebenarnya Stres

Jam kerja yang panjang sebenarnya dapat memengaruh kodisi tubuhmu. Sementara manfaat jangka pendek dari bekerja lembur bisa menjadi besar dan bahkan kadang-kadang bermanfaat bagi kehidupan profesional dan pribadimu, efek jangka panjang dari jam kerja yang panjang lebih dari sekadar kelelahan. Begitu stres mulai tidak hanya muncul secara mental, tetapi juga secara fisik di tubuhmu, inilah saatnya untuk istirahat.

Tidak Melakukan Perawatan Diri

Perawatan diri memang diperlukan untuk menjaga kesehatan mental. Ketika memiliki waktu luang, cobalah untuk melakukan perawatan diri. Kamu bisa mengunjungi tempat spa, yoga dan lainnya. Nikmati waktumu sendiri, dan manjakan dirimu.

Kekurangan Energi

Kurang tidur dan gizi buruk adalah dua dari tanda yang paling jelas, namun diabaikan bahwa sudah waktunya untuk istirahat demi menjaga kesehatan mental. Tidak hanya energi fisik yang berkurang, energi emosional dan kecerdasanmu juga terpengaruh. Bagaimana kamu berharap untuk melakukan yang terbaik ketika kamu belum benar-benar mengisi pikiran dan tubuhmu? Tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan yang baik, dan ketika kamu cukup istirahat, kamu cenderung merasa lebih fokus, berenergi, dan siap untuk menjalani hari.

Sebelum kamu dapat memenuhi tenggat waktu, tanggung jawab, dan kewajibanmu, kamu harus menjaga kesehatan mental dan fisikmu.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading