Sukses

Lifestyle

Cerita Sukses TKW di Arab Saudi Berpenghasilan Miliaran Rupiah

Fimela.com, Jakarta Menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) bukanlah hal yang mudah, butuh kesabaran yang besar dan perjuangan untuk bertahan di negeri orang lain. Adaptasi diperlukan untuk hidup di negara asing.

Semangat, berdoa, dan berjuang tak pernah lelah pun menjadi beberapa kunci untuk sukses mencari rezeki dan hidup layak menjadi TKW. Bukti usaha dan doa pun diperlihatkan oleh perempuan bernama Risma.

Risma merupakan WNI yang tinggal di Ara Saudi, selain menjadi TKW ia pun kini mengelola sebuah bisnis dengan pendapatan 1 juta real atau sekitar Rp3,7 miliar.

Meski tak lulus SD, ia berjuang mati-matian menjadi TKW dan kini menjadi pemilik usaha catering Haji dan camilan Indonesia.

"Walaupun tidak lulus SD tapi beliau pernah mendapatkan 1 Juta Real," dikutip Merdeka.com dari kanal YouTube Faiz Slamet.

Usaha tidak pernah membohongi hasil

Risma bekerja keras dan berjuang untuk hidup yang layak, kesungguhanya tersebut Risma mampun menyewa gedung empat lantai untuk operasional usaha catering dan camilan asli nusantara.

Bahkan ia mengaku pernah mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang luar biasa. Wanita berhijab ini pernah menghasilkan hingga 1 miliar real saat melayani catering haji pada tahun 2010 silam.

"Kalau boleh tahu nih mbak, pendapatan tertinggi dari usaha ini bisa sampai berapa real?" tanya sang presenter.

"Kalau tertinggi itu (penghasilan) dari haji, catering haji. Pernah ada pemasukan sampai 1 miliar real," ujarnya.

Setelah kesuksesannya tersebut, Risma yang dikenal baik di wilayah Mekkah dan Jeddah ini memiliki keinginan mulia, yaitu mendirikan sebuah pondok pesantren dari hasil keringat sendiri, jika ia kembali ke tanah air.

 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading