Sukses

Lifestyle

5 Amalan agar Otak Cerdas dan Kuat Hafalan

Fimela.com, Jakarta Amalan adalah setiap perbuatan baik atau perbuatan yang memiliki nilai pahala. Dalam Islam, untuk memiliki otak cerdas dan kuat hafalan, selain dengan belajar yang tekun kita juga dianjurkan untuk mengerjakan beberapa amalan baik. Amalan ini tidak hanya memberikan kita kemudahan untuk mendapat kecerdasan tapi juga agar usaha yang kita lakukan senantiasa diberkahi oleh Allah.

Berikut ini beberapa amalan untuk dikerjakan agar memiliki otak cerdas dan kuaf hafalan.

1. Hindari maksiat

Maksiat adalah semua perbuatan yang dilarang oleh Allah. Selain mengakibatkan dosa, perbuatan dosa ini juga menyebabkan otak jadi lemah dan memunculkan sifat mudah lupa. Jadi, baik itu maksiat kecil atau besar harus kita tinggalkan jika tak ingin memiliki sifat mudah lupa.

Diriwayatkan al-Khatib di kitab Al-Jami’ (2/387) dari Yahya bin Yahya berkata, Seseorang bertanya kepada Malik bin Anas, “Wahai Abu Abdillah! Apakah ada sesuatu yang dapat memperbaiki hafalan ini? Beliau menjawab, “Kalau ada yang memperbaikinya itu adalah meninggalkan kemaksiatan.

2. Makan secukupnya

Nabi Saw mengajari kita untuk makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Ini digambarkan 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 untuk udara. Terlalu banyak makan sehingga kekenyangan menjadikan kita mudah mengantuk, tidak bersemangat dan malas.

3. Konsumsi makanan yang bergizi

Selain belajar kita juga harus menjaga nutrisi dari makanan yang dikonsimsi untuk memiliki otak yang cerdas dan bagus. Beberapa makanan yang dianjurkan dalam agama adalah madu, kismis, dan susu.

Imam Zuhri rahimahullah mengatakan, “Hendaknya anda mengkonsumsi madu, karena dapat menguatan hafalan. Beliau juga berkata, “Siapa yang ingin menghafal hadits, hendaknya dia mengkonsumsi kismis. (Dari kitab Al-Jami’ karangan Al-Khotib: 2/394).

4. Lakukan bekam di kepala

Bekam atau hijamah merupakan salah satu pengobatan Nabi Saw. Prosesnya adalah dengan mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh menggunakan kop bekam. Tapi harus dilakukan oleh seorang yang ahli dan berkonsultasi terlebih dahulu.

5. Berdoa

Kita juga harus senantiasa berdoa kepada Allah agar diberikan kecerdasan dan hafalan yang kuat, karena segala sesuatu yang ada dalam diri kita berasal dari Allah.

Doa agar diberikan kecerdasan

"Allahummarzuqna fahman nabiyyina wa hifdhal mursalina wa ilhamal malaikatil muqarrabin birahmatika ya arhamar rahimina.

Artinya:

" Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih."

Doa agar hafalan kuat

"Fafahhamnaahaa sulaimaana wa kullan atainaa hukman wa 'ilman wa sakh kharnaa ma'a dawuudal jibaala yusabbihna wath thaira wa kunnaa faa'iliin. yaa hayyu yaa qayyuumu yaa rabba musaa wa haaruuna wa rabba ibraahima wa yaa rabba muhammaadin shallallahu alaihi wa sallama wa 'alaihim ajma'iina. Urzuqnil fahma warzuqnil 'ilma walhikmata wal 'aqla birahmatika yaa arhamarraahimiina."

Artinya:

"Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan kepada masing-masing meraka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bestasbih bersama Daud, dan Kamilah yang melakukannya. Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Wahai Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, Wahai Tuhan Musa dan Harus, Wahai Tuhan Ibrahim, dan Wahai Tuhan Muhammad SAW, dan Tuhan mereka semua, berikanlah aku rezeki kepahaman dan berilah aku rezeki ilmu, hikmah, dan akal, melalui rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Demikianlah beberapa amalan yang bisa dikerjakan agar diberikan kecerdasan dan hafalan yang kuat. Semoga bermanfaat.

 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Bacaan Doa Dzikir agar Otak Cerdas dan Kuat Hafalan