Sukses

Lifestyle

4 Cara Berhenti Mencari Validasi dari Orang Lain agar Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar manusia tentu ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain atau yang sering kita sebut validasi. Validasi pada dasarnya adalah perasaan yang kamu dapatkan, ketika kamu berpikir telah melakukan sesuatu dengan benar di mata orang lain. Bergantung pada orang lain untuk mendapatkan validasi tentu bukan merupakan kebiasaan yang sehat.

Nah, berikut ini ada 4 cara berhenti mencari validasi dari orang lain agar hidup lebih bahagia. Apa saja, ya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Lihatlah Pencapaianmu

Sebagian besar orang mencari validasi karena mereka merasa kurang percaya diri. Jadi, meningkatkan kepercayaan diri yang efektif adalah dengan melihat setiap pencapaianmu. Kamu dapat membuat buku harian dan menulis pencapaian harian untuk melihat potensimu.

Hargai Diri Sendiri

Cobalah untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri. Jangan menyalahkan diri sendiri jika kamu memiliki kekurangan atau tidak dapat melakukan sesuatu dengan benar. Tetapi cobalah untuk meningkatkan keterampilanmu.

Mengubah Pola Pikir

Cobalah untuk memahami mengapa kamu membutuhkan validasi dari orang lain. Ketika kamu menemukan alasannya, ubahlah pola pikirmu. Ingatkan dirimu bahwa kebahagiaanmu tidak selalu bergantung pada orang lain. Yuk, ubah pola pikirmu dengan perlahan, jika kamu memiliki kemauan, kamu pasti bisa melakukannya.

Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Salah satu hal terburuk yang dapat kamu lakukan adalah membandingkan diri dengan orang lain karena ini hanya akan membuatmu merasa kurang berharga. Jadi berhentilah membandingkan diri dengan orang lain dan puaslah dengan dirimu apa adanya.

Nah, berikut tadi beberapa cara sederhana yang dapat membantumu berhenti mencari validasi dari orang lain. Ingatlah, bahwa kebahagiaanmu tidak ditentukan melalui validasi mereka. Yang dapat menciptakan kebahagiaan adalah dirimu sendiri.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading