Sukses

Lifestyle

Antusiasme Tinggi, Lebih Dari 9.000 Orang Berpartisipasi dalam Indonesia Menari Virtual 2021

Fimela.com, Jakarta Indonesia Kaya kembali menggelar ajang kompetisi Indonesia Menari tahun ini. Namun, kompetisi Indonesia Menari kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena digelar secara virtual. 

Ajang Indonesia Menari Virtual 2021 telah diselenggarakan sejak 1 September 2021 lalu, dan saat ini telah memasuki babak semifinal. Babak semifinal ini telah diikuti oleh 100 peserta yang terpilih dari masing-masing kategori, dan nantinya akan dipilih lagi 20 peserta terbaik dari tiap kategori untuk lolos ke tahap final. 

Program Director Indonesia Kaya Renitasari Adrian mengungkapkan bahwa masyarakat memiliki antusiasme yang tinggi terhadap acara Indonesia Menari 2021 ini, karena terdapat lebih dari sembilan ribu peserta berpartisipasi dalam kompetisi ini di babak penyisihan. 

“85 persen peserta kali ini merupakan peserta yang baru pertama kali mengikuti kompetisi ini dan berasal dari kota-kota seperti Aceh, Natuna, Baubau, Jailolo, Labuan Bajo, Nabire, dan masih banyak lagi,” ujar Renitasari, dikutip dari keterangan pers, Selasa (5/10). 

Merupakan Acara Tahunan dari Indonesia Kaya

Indonesia Menari Merupakan kegiatan tahunan dari Indonesia Kaya yang dimulai sejak tahun 2012. Pada tahun 2019, Indonesia Menari sukses dilaksanakan secara serempak di Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang. 

Namun ketika pandemi, kegiatan ini harus dibatalkan pada tahun 2020 demi menekan penyebaran COVID-19. Berbeda dengan tahun 2021, masih dengan kondisi pandemi, Indonesia Menari akhirnya tetap bisa diselenggarakan dengan menyesuaikan keadaan, yakni secara virtual. 

“Kali ini, penikmat seni dan para pecinta tari dapat kembali turut serta dalam Indonesia Menari 2021 yang kembali diselenggarakan secara virtual untuk memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah,” jelas Renitasari. 

Gandeng 3 Koreografer Berprestasi Lintas Generasi

Indonesia Menari Virtual 2021 menggandeng 3 koreografi berprestasi lintas generasi, antara lain Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura yang sekaligus juga berperan sebagai juri utama dalam kegiatan ini. 

“Ini merupakan kali kedua bagi saya untuk menjadi koreografer dalam Indonesia Menari, setelah sebelumnya saya menjadi koreografer dalam Indonesia Menari di tahun 2014,” ungkap Eko Supriyanto selaku koreografer dalam ajang Indonesia Menari tahun ini. 

Eko juga mengatakan bahwa dirinya sangat senang dalam melihat kreasi dan antusiasme para peserta dalam kegiatan kali ini karena ia diberi kesempatan untuk berkolaborasi dengan dua koreografer lainnya, yakni Didik Nini Thowok dan Ufa Sofura untuk menciptakan koreografi yang indah dan terbaik.

“Semoga perpaduan karya kami dapat diterima dengan baik oleh para peserta dan juga masyarakat,” tambahnya.

Hadirkan Sentuhan Kontemporer dalam Nuansa Tradisi

Eko menjelaskan, ajang Indonesia Menari Virtual 2021 ini menghadirkan sentuhan kontemporer bernuansa tradisi yang unik. 

Hal ini dapat terlihat dari koreografi babak semifinal yang menggabungkan gerakan dari unsur tradisional dan modern dengan iringan lagu Lenggang Kangkung dari Jakarta hasil aransemen Eka Gustiwana. 

Selain itu, tema kostum tahun ini juga berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni kostum dengan etnik modern, sopan dan nyaman ketika digunakan sehingga tidak mengganggu gerakan peserta ketika menari. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading