Sukses

Lifestyle

Surat Terbuka Nadiem Makarim untuk Guru Honorer yang Melepas Gaji Rp8 Juta Demi Mengajar

Fimela.com, Jakarta Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) menuliskan surat terbuka untuk seorang guru honorer bernama Sukardi asal Lombok Tengah. Dalam unggahan foto bersama Sukardi di akun Instagramnya @nadiemmakarim, ia merangkul guru honorer yang sudah mengabdi 25 tahun tersebut. 

Akhirnya setelah 25 tahun menjalani profesi guru honorer, Sukardi bersama 173.328 guru lainnya berhasil lolos seleksi menjadi ASN P3K. Kisah inspiratif Sukardi dibagikan dalam tulisan panjang, berikut ceritanya;

"Pak Sukardi, terima kasih sudah memperbolehkan saya menginap di rumah Bapak. Saya tersentuh dengan hidup Bapak, perjuangan 25 tahun mengabdi sebagai Guru Honorer. Bapak pernah mendapatkan pekerjaan di perkebunan dengan gaji 8 juta per bulan, tapi Bapak berhenti setelah beberapa minggu dan kembali mengajar di sekolah karena merasa tidak ada kepuasan di luar mengajar. Pengorbanan yang Bapak lakukan sungguh luar biasa," tulis Nadiem dalam akun Instagram pribadinya, Jumat (8/10/2021).

Nadiem menambahkan, Sukardi pernah diberhentikan polisi karena helmnya rusak, dan ternyata polisi tersebut adalah muridnya. Bukannya ditilang, polisi itu malah memberikan Sukardi uang untuk membeli helm baru.

"Itulah rasa hormat dan apresiasi yang Bapak tumbuhkan dalam murid Bapak," tulis Nadiem.

Cerita paling menyentuh adalah Pak Sukardi bertemu muridnya yang telah sukses. Di mana saat itu ia mengaku merasakan dua perasaan sekaligus dalam satu situasi.

"Cerita Bapak yang paling mengharukan adalah saat Bapak bertemu dengan murid Bapak yang sudah menjadi kepala sekolah. Bapak bercerita pada saya saat bertemu murid tersebut Bapak merasa bangga sekaligus malu. Bangga karena murid Bapak sukses, tapi malu karena Bapak masih berstatus guru honorer dengan gaji jauh di bawah UMR," tulis Nadiem.

Sukardi Lolos Seleksi PPPK

Sukardi menjadi peserta Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pertama Tahun 2021 yang beruntung karena kelulusannya diumumkan langsung oleh orang nomor satu di dunia pendidikan Tanah Air itu.

"Setelah 25 tahun berjuang, Bapak beserta 173.328 guru honorer lainnya hari ini berhasil lolos seleksi menjadi ASN P3K. Bapak akhirnya akan mendapatkan nafkah yang layak. Hari ini murid-murid Pak Sukardi pasti merasa bangga," kata Nadiem.

"Saya tidak akan pernah melupakan malam saya menginap di rumah Bapak. Terima kasih sudah menjadi inspirasi saya. Salam buat keluarga, Pak. Titip salam untuk Ibu yang sudah menyambut saya dengan hangat dan menyuguhi saya ubi yang nikmat," pungkas Nadiem.

#Elevate Women 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading