Sukses

Lifestyle

4 Amalan Sunah untuk Memperingati Maulid Nabi

Fimela.com, Jakarta Bulan Rabiul Awal adalah bulan yang dimuliakan oleh umat muslin, karena pada tanggal 12 Rabiul Awal diperingati sebagai Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Saw. Untuk mengucapkan rasa syukur, biasanya umat muslim khususnya di Indonesia memperingati Maulid Nabi sesuai dengan kebudayaan dan adat setempat.

Selain dengan tradisi, ada banyak amalan sunah untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Hal ini dilakukan semata-mata sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

1. Membaca sholawat nabi

Ini adalah salah satu sholawat paling mulia yang diagungkan oleh para sahabat nabi dan keturunannya. Bacaan sholawat Nabi yang utama dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yakni:

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kamma shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, innaKa Hamidum Majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad Kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka Hamidum Majid.

Artinya,

Ya Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah) sholawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi sholawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji Maha Mulia. Ya Allah. Berilah berkah kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad. Sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha terpuji Maha Mulia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Perbanyak sedekah

Dengan memperbanyak sedekah, tidak akan membuat kita menjadi miskin. Sebaliknya, dengan banyak bersedekah kepada orang lain maka akan semakin banyak rezeki dan berkah yang akan kita dapatkan.

3. Puasa sunnah

Kita bisa mengerjakan puasa di hari senin dan Kamis, serta puasa tengah bulan Yaumul Bidh pada tanggal 13-14-15 Hijriah. Karena dengan berpuasa pada tanggal tersebut, pahala kita akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

4. Perbanyak amal ibadah

Bagi setiap muslim, alangkah baiknya apabila melakukan amal yang baik terlebih di bulan maulid. Jangan sampai amalan kita tidak di ridhoi oleh Allah SWT, apalagi dengan melakukan perbuatan maksiat.

Semoga apa yang kita kerjakan dengan niat untuk beribadah senantiasa mendapatkan keridaan dan berkah dari Allah Swt. Amin. 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Libur Maulid Nabi 2021 Digeser Jadi 20 Oktober, Ini Alasan Kemenag
Artikel Selanjutnya
5 Tradisi Maulid Nabi yang Unik di Indonesia