Sukses

Lifestyle

Terbiasa Hidup dengan Sedikit Barang dan Baju Secukupnya, Ini 5 Kelebihan Dirimu

Fimela.com, Jakarta Tiap orang punya gaya hidup dan pola kebiasaan sendiri. Kita tak bisa menghakimi pilihan hidup masing-masing orang sebab kita pun pastinya punya pertimbangan tersendiri dalam memilih gaya hidup yang kita jalani saat ini. Selain itu, tingkat kenyamanan dan prioritas tiap orang pun tidak sama.

Kali ini yang akan kita bahas adalah keuntungan yang bisa didapat saat kita hidup dengan sedikit barang baju secukupnya. Bagi yang terbiasa hidup dengan lebih memperhatikan kebutuhan dan fungsionalitas barang, ada sejumlah karakter positif yang bisa dimiliki. Setidaknya ada lima kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang terbiasa hidup secukupnya.

1. Punya Kemampuan Mengelola Waktu yang Lebih Baik

Mengutip buku Seni Hidup Minimalis, saat kira merasa tidak punya cukup waktu, mungkin barang kitalah penyebabnya. Punya terlalu banyak barang di rumah, kita akan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk membersihkan dan merawatnya. Memiliki berbagai benda yang sifatnya dekoratif, kita perlu senantiasa berhati-hati agar tidak merusaknya sehingga perlu meluangkan waktu khusus untuk selalu menata ulangnya kembali. Berbeda jika kita punya barang secukupnya, kita bisa lebih menghemat waktu yang dapat dialokasikan untuk hal-hal yang lebih penting daripada sekadar kebingungan harus memberi perawatan ekstra untuk barang-barang yang kurang penting.

2. Tidak Mudah Stres

"Coba pikirkan berapa banyak energi yang kita habiskan untuk memiliki suatu barang: merencanakan untuk membeli, membaca ulasan tentang barang tersebut, mencari diskon, mengumpulkan (atau mungkin meminjam) uang untuk membeli, pergi ke toko, membawa pulang, mencari tempat penyimpanan, belajar menggunakan barang tersebut, membersihkan area sekitar barang, merawat, membeli bagian lain, membeli asuransi, melindungi, berhati-hati agar barang tidak rusak, membetulkan barang jika rusak, dan bahkan kadang mengeluarkan uang lagi setelah membuangnya," papar Francine Jay, penulis buku Seni Hidup Minimalis. Dengan kata lain, semakin banyak barang yang kita punya, semakin rentan kita mengalami stres. Sedangkan dengan memiliki barang secukupnya sesuai kebutuhan, kita tidak akan mudah mengalami stres.

3. Lebih Terbuka dengan Pengalaman Baru

Misalnya, kamu berencana berlibur ke suatu tempat. Saat bepergian kamu membawa barang secukupnya saja, kamu tidak akan merasa terikat dengan barang. Sehingga bisa berjalan-jalan dengan hati yang lebih tenang. Bisa lebih terbuka mencoba dan menikmati ragam pengalaman baru. Tidak terlalu terikat dengan terlalu banyak barang, kita bisa lebih merdeka untuk mencoba berbagai pengalaman baru.

4. Mudah Menciptakan Kebahagiaan Sendiri

Kebahagiaanmu adalah tanggung jawabmu. Bahkan dengan hal-hal secukupnya yang kamu punya, kamu lebih mudah bahagia dengan hal-hal sederhana. Secara umum, ada tiga kategori barang, yaitu barang fungsional, barang dekoratif, dan barang emosional. Selama kamu bisa mencukupi kebutuhan barang-barnag itu tanpa berlebihan, maka kamu bisa lebih mudah menemukan kebahagiaanmu sendiri tanpa harus terlalu terikat dengan benda atau barang.

5. Tidak Gampang Iri

Saat melihat gaya hidup orang lain yang begitu glamor atau mewah, kamu cukup menghormati pilihan hidupnya. Tidak menghakimi juga tidak mudah iri. Dengan gaya hidupmu sendiri yang secukupnya, kamu sudah bisa bahagia dan menikmati hidupmu dengan nyaman. Selam kamu nyaman dengan segalanya yang serba cukup, kamu tidak akan gampang iri dengan kehidupan atau kepemilikan orang lain.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, apa kelebihan hidup dengan sedikit barang dan baju secukupnya? Yuk, bagi pengalaman dan pendapatmu di sini.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading