Sukses

Lifestyle

Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Susu Pisang Bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Susu memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun, kini sebagian orang tertarik pada alternatif susu tanpa potensi alergi. Terdapat opsi menarik lain yang juga kaya akan manfaat kesehatannya yakni susu pisang. Pisang sendiri memiliki beragam nutrisi seperti potasium, serat, vitamin A, K, C dan zat besi.

Menurut Verywell Fit, susu pisang menawarkan pilihan non-alergi bagi mereka yang sensitif pada produk susu. Satu cangkir susu pisang berukuran 8 ons mengandung 60 kalori, 1 gram protein, 9 gram karbohidrat dan 3 gram lemak.

Susu pisang juga mengandung vitamin B6 dan kalsium yang baik. Maka dari itu, susu pisang memiliki sederet manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh. Berikut 5 manfaat susu pisang bagi kesehatan yang Fimela rangkum dari Liputan6, Jumat (15/10/2021).

1. Menurunkan Berat Badan

Susu pisang dapat dijadikan minuman diet, lho! Biasanya, seseorang yang ingin mengurangi kalori untuk menurunkankan berat badan bisa mengonsumsi susu pisang sebagai alternatif meminum susu. Dengan 60 kalori per cangkir, susu pisang mengandung setengah kalori dari susu sapi.

Selain itu, mengganti smoothie dengan susu pisang juga menjadi cara sederhana ketika ingin mengurangi kalori dan sebagai bagian dari rencana penurunan berat badan.

2. Kesehatan Bagi Tulang

Seperti yang sudah disebutkan, susu pisang mengandung kalsium di dalamnya. Kalsium dalam susu pisang tersebut dapat ditambahkan melalui fortifikasi, namun ini tidak mengubah manfaat kesehatannya. Nutrsisi ini akan mendukung kesehatan bagi tulang dan mampu mempertahankan detak jantung yang stabil.

3. Mengurangi Potensi Alergi

Jika memiliki alergi dengan susu kacang, maka susu pisang bisa dijadikan alternatif sehingga membatasi pilihan untuk meminum susu. Bahkan di Amerika Serikat, pisang sudah tidak jadi salah satu dari delapan makanan teratas yang 90 persen memiliki potensi untuk menimbulkan alergi pada seseorang.

4. Bisa untuk Diet Vegan

Jangan khawatir, dalam komposisi yang paling dasar, susu pisang dibuat cukup dengan pisang dan air saja. Jadi, mengonsumsi susu pisang bisa jadi pilihan yang cocok bagi kamu yang sedang menjalani program diet vegan.

5. Mengurangi Tekanan Darah

Tubuh membutuhkan kalium agar bisa melakukan banyak fungsi penting dan susu pisang bisa memberikan 10 persen dari nilai harian kalium yang dibutuhkan. Meski terlihat sedikit, susu pisang akan tetap bermanfaat jika dikonsumsi setiap hari. Tak hanya kaya akan manfaat sehat, susu pisang juga bebas lemak serta cukup rendah karbohidrat dan gula.

Sahabat Fimela yang ingin mendapatkan banyak manfaat kesehatan, coba konsumsi susu pisang setiap hari, yuk!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
11 Makanan yang Justru Memperburuk Demam dan Pilek
Artikel Selanjutnya
Studi: Penurunan Berat Badan tidak Buat Kamu Lebih Sehat