Sukses

Lifestyle

Survei Membuktikan 5 Hobi Paling Bikin Rileks Saat Pandemi

 

Fimela.com, Jakarta Semua orang punya ceritanya sendiri dalam menjalani kehidupan saat pandemi, dan tak jarang dituntut memiliki ketangguhan untuk tetap bisa bertahan. Mulai dari kehilangan orang tersayang, jadi pengangguran, masalah ekonomi, dan banyak lagi.

Survei bulanan American Psychological Assosiation "Stress in America" menunjukkan bahwa meski stres terkai pandemi secara keseluruhan tetap stabil dari Aprli hingga Juli 2021, namun perasaan marah terus meningkat. Pada bulan Juli, 40 responden melaporkan mengalami frustrasi, 24 persen takut, dan 18 persen marah.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk melepaskan ketegangan? Penelitian terbaru mengidentifikasi hobi paling santai dari semuanya; merajut.

Para peneliti di komunitas rumah, mode, dan kerajinan DIYs.com mulai menemukan hobi mana yang paling mungkin mengurangi stres dengan menurunkan detak jantung. Sebuah survei pada 2.379 orang mengungkapkan 20 kegiatan umum yang dilakukan untuk mengurangi stres, dari berkebun, memasak, hiking, dan tai chi.

Kemudian meminta 357 pria dan perempuan berusia 20-30 tahun untuk menyelesaikan 20 hobi populer selama beberapa minggu sambil mengenakan pelacak aktivitas Fitbit dengan monitor detak jantung.

 

 

Hubungan antara stres dan merajut

Data mengungkapkan aktivitas mana yang paling menenangkan detak jantung peserta yang mengarah ke relaksasi. Hasilnya ditemukan jika para peserta yang menggunakan jarum rajut menurunkan detak jantungnya rata-rata hampir 19 persen.

"Saat kita berada dalam respons melawan atau lari, kita memiliki detak jantung yang cepat, tekanan darah tinggi, dan pencernaan yang lebih lambat," kata Dr Charles Parks Richardson, MD, dokter dan pendiri Cleveland Diabetes Care.

Hubungan antara stres dan detak jantung yang cepat menjadi alasan para peneliti studi mendasarkan seluruh definisi relaksasi mereka pada detak jantung lebih rendah. Pakar medis juga mengaitkan kecemasan klinis dengan risiko penyakit jantung.

Selain merajut, ada beberapa hobi lain yang sukses bikin kita rileks. berikut di antaranya;

 

 

Memancing

Penelitian studi menunjukkan memancing adalah hobi paling santai kedua. Jika merajut menurunkan detak jantung peserta sekitar 18,75 persen, memancing memperlambat mereka sebesar 10 persen.

 

 

Menulis blog tentang hidupmu

Banyak penulis yang rajin memperhatikan bagaimana membuat jurnal mengurangi stres. Tapi bagaimana dengan blogging?

Blogging menjadi bentuk jurnal online yang jadi hobi paling santai peringkat ke 3. Studi menunjukkan blogging dapat menurunkan detak jantung istirahat rata-rata 7,5 persen.

Mewarnai gambar

Studi mengungkapkan melukis dan mewarnai gambar dapat menurunkan detak jantung rata-rata sekitar 3,75 persen. Meski jelas jika memegang kuas tidak akan meredakan detak jantung dengan cara yang sama seperti merajut, namun melukis memiliki manfaat penghilang ketegangan lainnya.

Sebuah tinjauan penelitian terapi seni tahun 2018 menemukan bahwa lebih dari 80 persen uji coba menghasilkan penghilang stres bagi para peserta. Dengan kata lain, seni menenangkan. Tak heran buku mewarnai orang dewasa laris manis diminati saat pandemi.

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading