Sukses

Lifestyle

8 Cara Memancarkan Aura Cantik dan Bahagia bagi Perempuan Bertubuh Gemuk

Fimela.com, Jakarta Di bulan Oktober yang istimewa kali ini, FIMELA mengajakmu untuk berbagi semangat untuk perempuan lainnya. Setiap perempuan pasti memiliki kisah perjuangannya masing-masing. Kamu sebagai perempuan single, ibu, istri, anak, ibu pekerja, ibu rumah tangga, dan siapa pun kamu tetaplah istimewa. Setiap perempuan memiliki pergulatannya sendiri, dan selalu ada inspirasi dan hal paling berkesan dari setiap peran perempuan seperti tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Elevate Women: Berbagi Semangat Sesama Perempuan di Share Your Stories Bulan Oktober ini.

***

Oleh:  Fansay Cinta Amalia

Aku pernah menjadi wanita oversize, sejak sekolah SMA aku selalu dibilang memiliki perut buncit, bahkan hingga kuliah. Memang aku pun menyadari, perutku paling besar dibanding teman-temanku.

Teman-teman juga sering menjadikannya bahan candaan sehari-hari. Namun, aku tidak terlalu memikirkannya apalai sampai sakit hati. Aku juga merasa mungkin bentuk badanku seperti ini dikarenakan kurang olahraga sehingga seperti Teletubbies.

Pada saat kuliah, banyak temannya pacarku mencibirku. Dia seolah menyindirku dari kejauhan, saat aku sedang pulang bersama pacarku. Ada juga yang mengejek terang-terangan di depanku. Saat itu aku mulai berpikir, apakah memang bagi pria memiliki pacar yang gemuk adalah hal yang memalukan?

Berdasarkan pengalaman pribadiku, menjadi wanita gemuk memang terasa sulit. Aku sering dijuluki “pendekar” (pendek dan mekar). Akhirnya aku pernah bertekad diet, dan sukses. Kebetulan waktu itu aku juga kuliah sambil kerja, sehingga aktivitas yang kulakukan lebih aktif daripada sebelumnya yang tidak sambil bekerja.

 

Perkara Berat Badan

Awalnya bobotku 60 kg, kemudian turun menjadi 42 kg. Saat itulah aku merasa sindiran dan cibiran panas mulai berhenti. Ada temannya pacarku yang sempat heran, dan dikira aku adalah orang lain.

Dia mengira pacarku sudah putus denganku dan berganti wanita baru. Aku tertawa dalam hati. Temannya pacarku juga sempat memujiku karena aku sudah tidak terlihat pendek lagi, karena bentuk tubuhku yang langsing, dia menganggapku terlihat lebih tinggi dan cantik.

Namun bagiku kecantikan yang terpenting bukan yang terlihat dari luar saja, bagiku kecantikan yang lebih penting adalah inner beauty, kecantikan dari dalam. Maksudnya adalah aura kecantikan yang bisa dirasakan oleh orang lain ketika kita sedang berbicara, tingkah laku kita, sikap kita agar terlihat anggun dan elegan.

Apabila kita memiliki bentuk tubuh ideal, itu adalah nilai plus yang dimiliki oleh seorang wanita. Orang yang belum terlalu mengenal kepribadian kita, wajar jika menilai kita hanya dari sisi fisik saja. Namun apabila orang sudah mengenal kita, tentunya lebih banyak penilaian yang akan mengarah kepada kita, entah itu dari sisi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan lain-lain hingga tak terbatas penilaiannya.

Kamu yang saat ini sedang memiliki badan berukuran oversize, kelebihan berat badan, dan merasa paling berbeda dengan yang lainnya, pasti sangat tidak mudah dalam melakukan aktivitas sosial di luar rumah, bertemu dengan orang banyak, karena banyak tantangan yang harus dilewati seperti cibiran, dan ejekan. Ladies, jangan minder! Karena sebenarnya ada hal-hal lain di dalam diri kamu agar kamu bisa terlihat paling mempesona meski dengan keadaan bentuk badan yang terlihat kurang ideal.

 

Tips-Tips yang Bisa Dicoba

Berikut tips–tips yang bisa kamu terapkan:

1. Kenali potensi diri yang ada di dalam diri kamu

Setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihan, kelemahan kamu saat ini adalah memiliki bentuk tubuh yang kurang ideal, maka cari kelebihan kamu yang selama ini kamu rasakan. Misalnya kamu memiliki bakat menyanyi, maka tunjukkan kelebihan menyanyimu kepada orang lain. Jika kamu malu tampil di depan umum secara langsung, kamu bisa merekam videomu saat bernyanyi di dalam ruangan kemudian mempublikasikannya ke medsos. Maka orang akan senang melihat aksimu.

Bila kamu memiliki bakat menjadi MC, kamu bisa mencari kesempatan menjadi pembawa acara yang diadakan di sekolah atau di lingkungan sekitarmu. Kamu pun juga harus percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki, jangan menganggap karena memiliki badan gemuk, eksistensi dirimu menjadi terhalang. 

Bila kamu memiliki bakat lebih dari satu, maka tunjukkanlah semua nya kepada dunia, semakin banyak nilai lebih yang bisa kamu tunjukkan, maka kelemahanmu yang terlihat bagi banyak orang akan dikesampingkan. Orang akan lebih penasaran dengan kemampuan hebatmu yang lainnya.

2. Perbanyak membaca berbagai macam ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas 

Wanita cerdas lebih bisa membuat pria nyaman berlama-lama berbincang atau mengobrol. Pasalnya berbekal pengetahuan yang luas, dia mudah diajak berdiskusi dan bisa mengimbangi pembicaraan.

Meskipun kamu memiliki bobot yang lebih, akan tetapi jika kamu bisa membuat orang-orang di sekitarmu merasa nyaman, karena kamu bisa menjadi pendengar yang baik, cara berbicara yang terkontrol, dan memiliki wawasan yang luas, maka kamu akan dianggap orang yang penting dan menjadi tempat curahan hati yang terbaik.

Begitu pula kamu bisa membuat teman sesama wanita menjadi nyaman karena kamu selalu dianggap bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Kamu bisa membantu memberi solusi kepada temanmu, dari setiap permasalahan yang dicurhatkan kepadamu. Yakin deh, akan semakin banyak teman yang kamu miliki.

 

 

3. Menjaga kebersihan diri dan merawat kulit

Melakukan perawatan kulit wajah dan tubuh adalah hal yang sangat penting dilakukan, karena kulit yang sehat adalah salah satu aset kecantikan dan penampilan yang harus senantiasa dijaga. Bila kamu merasa sulit untuk diet, dan menurunkan berat badan saat ini, it doesn’t matter karena usaha tersebut memang mebutuhkan waktu yang cukup lama.

Akan tetapi, merawat kulit adalah usaha yang tidak membutuhkan proses lama dan sulit. Kamu hanya tinggal rajin membersihkan diri, mengharumkan badan, dan menjadikan kulit wajah terlihat cerah, segar, bersinar. Gunakan serangkaian produk kecantikan dan perawatan tubuh yang cocok untukmu. Bila kamu terlihat fresh dan segar, maka orang akan betah berlama-lama di dekatmu.

4. Jangan mudah tersinggung

Mudah tersinggung dengan apa yang dikatakan orang lain akan menjadi penghalang progress kamu. Orang yang sering mengutarakan atau berkomentar secara blak-blak an kepada kita, merupakan bentuk dari perhatian dan ingin supaya kita bisa berubah lebih baik. Jangan membiasakan diri untuk overthinking terhadap apa pun yang dilakukan oleh orang lain terhadap kita.

Anggaplah orang-orang tersebut menyampaikan kritik dan saran yang membangun. Apabila ada orang yang cara menyampaikannya kurang enak didengar atau sangat menyakitkan, lebih baik kita mengontrol emosi dan jangan langsung marah. Kita jadikan hal tersebut bagian dari introspeksi diri dan mungkin memang saat nya kita harus berusaha untuk memperbaiki.

 

5.  Rajin berolahraga dan mengatur pola makan yang seimbang

Olahraga bertujuan meningkatkan mood dan melawan depresi. Wanita yang gemuk, cenderung lebih mudah depresi dan bad mood. Oleh karena itu, selain olahraga bertujuan untuk membantu membakar kalori atau lemak di tubuh, juga bisa menyehatkan pikiran dan tubuh lebih segar karena keringat yang keluar.

Namun hati-hati karena biasanya setelah olahraga, nafsu makan menjadi lebih bertambah dan menjadi cepat lapar. Pilih makanan yang tidak banyak mengandung minyak, karbohidrat, tepung, terlalu manis dan bumbu-bumbu instan, karena jenis makanan tersebut lebih cepat menaikkan berat badan meski kamu sudah rajin olahraga berat. Pilih makanan yang mengandung banyak vitamin dan yang mudah dicerna oleh tubuh.

6. Menyiasati cara berpakaian

Wanita gemuk perlu belajar keterampilan berpakaian. Bukan berarti kamu sudah mau menerima apa adanya keadaan bentuk tubuh, lalu cuek dalam hal berpakaian. Kamu akan berhadapan dengan orang banyak ketika kamu sudah berani menunjukkan eksistensi diri dan bakat lebihmu. Maka perlu menjaga penampilan agar kamu terlihat lebih menarik.

Kamu bisa memilih pakaian yang berwarna gelap dan tidak bergaris horizontal. Pilih pakaian yang bergaris diagonal atau vertikal karena akan membuatmu terlihat lebih ramping. Kamu juga bisa menggunakan korset untuk mengecilkan perut.

 

7.  Asah soft skills dan hard skills kamu

Soft skills dan hard skills adalah kunci penting yang dapat membantu seseorang dalam mengembangkan dan memaksimalkan kinerja kamu. Pahami apa saja soft skills dan hard skills yang kamu miliki dan yang harus kamu gali untuk menunjang kepribadian dan prestasi.

Misalnya kamu memiliki soft skills komunikasi dan leadership, maka kamu harus mengasahnya dengan cara ikuti organisasi yang mendukung kamu agar lebih memperoleh pengalaman dan pelatihan untuk menjalin komunikasi dan memotivasi rekan–rekan organisasi. Misalnya juga, kamu memiliki hard skills kemampuan berbahasa asing , maka kamu bisa mencari peluang kerja untuk bisa menjadi penerjemah bahasa dan menjalin interaksi dengan orang asing secara langsung.

8. Selalu bersyukur dengan apa kita miliki

Pernah dengarkah kalian mengenai ungkapan, “Ketika kamu mampu untuk selalu bersyukur atas apa yang telah kamu miliki, maka Tuhan akan memberimu lebih?" Makna dari ungkapan tersebut adalah jika kita bersyukur dengan apa pun yang kita miliki, maka kita akan lebih dekat dengan Tuhan, memanfaatkan serta mendayagunakan kenikmatan yang sudah diberikan Tuhan kepada kita.

Sehingga manfaat dan kebaikannya berbalik untuk diri kita sendiri. Dalam hal ini misalnya, meskipun ada yang saat ini sedang memiliki kelebihan berat badan, karena pasca melahirkan. Syukuri dengan cara mengolah pola pikir yang baik, seperti beranggapan melahirkan adalah momen terindah dan tak terlupakan, walaupun dampaknya membuat tubuh melar dan perut pun membuncit, tapi aku senang bisa melihat bayi kecil mungil di sampingku.

Jika kamu sedang gemuk karena faktor gen, maka kamu juga bisa mensyukurinya dengan cara mengolah pola pikir baik bahwa faktor gen hanya memberi andil sebesar 40% sehingga kegemukan tersebut bisa kamu ubah dengan cara melakukan olahraga dan menjalankan terapi menu diet.  

Itulah tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk kamu yang ingin terlihat mempesona walaupun memiliki badan yang kurang ideal.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading