Sukses

Lifestyle

Tutorial Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan dan Atas dalam 5 Step

Fimela.com, Jakarta Membersihkan mesin cuci bisa jadi sering terlewat dalam daftar pekerjaan rumah tangga. Padahal residu deterjen sampai jamur dan lumut dapat menumpuk seiring waktu jika tidak secara rutin dibersihkan.

Padahal, membersihkan mesin cuci merupakan proses yang cukup sederhana. Dan bisa dilakukan dengan alat yang kemungkinan besar sudah kita punya di rumah. 

Barang yang dibutuhkan:

- cuka putih

- spons

- sikat gigi

- baking soda

- kain mikrofiber

 

Cara membersihkan mesin cuci front-loading

Langkah 1: Jalankan siklus pencucian normal tanpa pakaian di dalamnya

Pilih pengaturan air terpanas dan waktu cuci terpanjang. Ketimbang menambahkan deterjen, tuangkan dua cangkir cuka putih untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau.

 

Langkah 2: Gosok bagian dalam mesin cuci

Setelah proses pembersihan dengan cuka panas selesai, saatnya menggunakan spons dan sikat gigi. Mulailah dengan mencelupkan spons ke dalam campuran air dan cuka yang sudah diencerkan, dengan perbandingan empat cangkir air dan 1/4 cangkir cuka.

Jika menemukan kotoran atau residu. yang susah dibersihkan, gunakan sikat gigi untuk mengangkatnya. Jangan lewatkan dispenser sabun, karena tempat ini juga sarang kotoran.

 

 

Langkah 3: Jalani siklus panas dengan baking soda

Setelah selesai menggososk, jalani siklus pencucian kosong lainnya dengan baking soda. Pilih pengaturan suhu air terpanas, waktu terpanjang, dan tambahkan 1/2 cangkir soda kue sebagai pengganti deterjen. 

 

Langkah 4: bersihkan mesin cuci

Setelah itu, gunakan kain mikrofiber basah untuk menyeka bagian dalam mesin cuci. Ini akan memastikan semua kotoran hilang sebelum kita mencuci pakaian lagi.

 

Cara Membersihkan Mesin Cuci Top-Loading

Langkah 1: Isi mesin cuci dengan air panas

Mulailah menjalani pencucian air panas dengan beban muatan kosong. Pilih air terpanas dan waktu terpanjang, biarkan berjalan sampai mesin cuci penuh air panas, kemudia beri jeda.

 

Langkah 2: Tambahkan cuka dan biarkan mesin cuci bekerja selama 1 jam

Setelah mesin cuci penuh dengan air panas dan siklus pencucian dihentikan, tambahkan empat cangkir cuka putih. Biarkan campuran air panas dan cuka bekerja selama satu jam.

Sambil menunggu, celupkan spons ke dalam campuran tersebut dan gunakan untuk membersihkan bagian atas mesin cuci. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan tempat sabun juga.

 

 

Langkah 3: Selesaikan siklus cuci

Setelah mesin cuci direndam selama satu jam, tutup, dan lanjutkan siklus pencucian. Biarkan berjalan sampai waktu habis.

 

Langkah 4: Jalani siklus panas kedua dengan baking soda

Setelah siklus cuka selesai, bersiaplah untuk menjalani siklus pencucian lainnya. Kali ini dengan satu cangkir soda kue. Sekali lagi, pilih pengaturan air terpanas dengan pengaturan waktu terpanjang.

 

Langkah 5: Bersihkan mesin cuci

Selesai! Pastikan untuk menyeka bagian dalam mesiun cuci dengan kain mikrofiber basah. Ini akan memastikan semua residu hilang sebelum memasukkan cucian berikutnya.

 

#ElevateWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading