Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengembalikan Fokus saat Bekerja dan Membantumu Lebih Produktif

Fimela.com, Jakarta Menjaga diri agar tetap fokus saat bekerja memang diperlukan setiap orang. Tetapi, tak jarang yang kehilangan konsentrasi saat bekerja. Tidak fokus pada pekerjaan akan berdampak pada hasil pekerjaan yang kurang maksimal.

Bagi kamu yang terkadang merasa kesulitan fokus pada suatu hal atau pekerjaan, kamu bisa melakukan beberapa tips ini. Seperti apa? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Membuat Rencana ke Depan

Setiap hari sebelum mulai mengerjakan semua tugas, tuliskan 3 hal terpenting yang perlu kamu selesaikan di penghujung hari. Temukan metode perencanaan yang paling cocok untukmu, baik itu daftar tugas yang diprioritaskan, jadwal kerja per jam, atau metode perencanaan yang sama sekali berbeda.

2. Buat Rencana Kerja Per Jam

Coba jadwalkan semua tugas hari ini jam demi jam. Dengan menggunakan metode ini, kamu akan tahu persis apa yang perlu dilakukan di akhir hari, menetapkan harapan yang realistis untuk harimu saat memprediksi berapa banyak waktu yang kamu butuhkan.

3. Tuliskan Semua Idemu

Kita semua mendapatkan banyak ide baru saat mengerjakan suatu tugas. Beberapa hari, kita mungkin menjadi begitu kewalahan dengan pemikiran baru sehingga kita tidak dapat terus fokus. Cara terbaik untuk menangani ide-ide spontan adalah dengan mencatatnya. Kapan pun sebuah ide terlintas di benakmu, tulislah.

4. Tetapkan Tenggat Waktu

Jika kamu tidak merasakan tekanan untuk menyelesaikan tugas, kemungkinan besar kamu akan menundanya. Tetapkan tenggat waktu yang jelas untuk semua tugas dalam daftar tugasmu. Dengan melakukan itu, kamu menciptakan rasa urgensi, membuatnya lebih mudah untuk mencapai keadaan mengalir dan benar-benar fokus pada tugas penting.

5. Atur Lingkungan Kerjamu

Untuk mengatur pikiran dan memusatkan fokusmu pada satu tugas, kamu memerlukan lingkungan kerja yang mendukung. Bersihkan meja, atur desktop komputer, dan tambahkan tanaman kecil di ruangan.

Nah, itu tadi beberapa tips agar membantumu lebih fokus saat bekerja. Jika perlu kamu bisa melakukan meditasi saat beristirahat.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading