Sukses

Lifestyle

Say No to Food Waste! Begini 5 Cara Mengurangi Sampah Makanan yang Bisa Dilakukan Mulai dari Dapur

Fimela.com, Jakarta Munculnya fenomena kelaparan yang melanda dunia hingga kerusakan alam secara global salah satunya disebabkan oleh kebiasaan sederhana yaitu membuang makanan. Faktanya, setiap tahunnya 1/3 dari seluruh produksi pangan di dunia harus terbuang, dengan rumah tangga menjadi penyumbang terbesar dari pemborosan tersebut.

Hal yang semakin memprihatinkan adalah Indonesia masuk dalam jajaran salah satu negara dengan penyumbang sampah makanan terbesar di dunia. Dengan situasi seperti ini, semua pihak perlu untuk menerapkan pola hidup sehat termasuk mengurangi food waste.

Mengurangi sampah yang dihasilkan bahan pangan bisa dimulai dari langkah sederhana ini loh. Apa saja?

Belanja Aneka Kebutuhan secara Efisien

Memasuki hari gajian, salah satu agenda wajib yang dilakukan adalah belanja bulanan. Dalam momen ini, nggak jarang mayoritas orang sekaligus membeli bahan pangan baik dalam kemasan maupun yang segar.

Mulai saat ini, yuk dipertimbangkan untuk membeli aneka kebutuhan secara efisien. Hal ini dikarenakan salah satu elemen yang membuat makanan terbuang sia-sia adalah belanja secara berlebihan. Mulai dari bahan makanan kemasan expired hingga sayur dan buah yang sudah mulai layu.

Meal Prep untuk Si Super Sibuk

Seiring dengan tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi, mobilitas harian pun juga meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini menjadi salah satu penyebab banyak orang memilih untuk makan di luar alih-alih meluangkan waktu untuk memasak. Hal ini menjadi penting lantaran bahan makanan yang sudah dibeli lama kelamaan akan berkurang kualitasnya jika tiap harinya masih mengonsumsi junk food di luar rumah.

Salah satu solusi dalam mengurangi kebiasaan ini adalah dengan menyiapkan meal prep. Caranya adalah setelah belanja bulanan atau mingguan, segera olah bahan makanan tersebut sesuai porsi yang membuatnya praktis untuk diolah secara cepat sehari-hari. Cara ini terbukti efektif dalam mengurangi food waste lantaran bahan makan bisa dikonsumsi secara efisien.

DIY Memasak Beragam Menu yang Tersebar di Jagat Maya

Mood booster paling ampuh dalam mengatasi kebosanan di rumah adalah memasak. Nggak cuma bisa berkreasi sesuai selera, mereplikasi menu yang tersebar di jagat maya juga turut berkontribusi dalam mengurangi food waste loh!

Alih-alih membuat makanan terbuang sia-sia, memasak justru meningkatkan kejelian dalam mengolah semua bahan yang terdapat di dapur. Biar rasa masakanmu semakin paripurna, penggunaan alat masak yang tepat juga berpengaruh loh!

Salah satunya adalah Electrolux yang selalu memberikan kualitas terbaik terhadap produknya. Seperti Electrolux Microwave yang punya kemampuan Oven, Grill, Convection, Steam dan Aircook agar dapat memasak makanan lebih bervariasi dan tentunya sehat (low fat). Makanan enak pun tersaji di atas meja sekaligus mengurangi jumlah food waste.

Simpan Bahan Pangan di Dalam Kulkas Berkualitas

Sudah menjadi rahasia umum jika memasukkan bahan makanan ke dalam kulkas bisa menjaga kualitasnya beberapa waktu ke depan. Namun nggak sembarang kulkas bisa melakukan tugas ini dengan sempurnah loh. Alih-alih bisa menjaga kualitas, kulkas dengan suhu super dingin malah membuat bahan makanan cepat kering, sementara jika suhu lemari es tersebut terlalu panas, bisa mengakibatkan buah dan sayur cepat layu.

Segera ganti lemari es di rumah dengan Electrolux UltimateTaste 300 yang memiliki TasteLock yang membuat lingkungan tetap lembab dan menjaga buah serta sayur tetap segar penuh rasa hingga 7 hari. Kompartemen TasteSeal di dalamnya juga mempertahankan suhu konsisten -2 ° C untuk menjaga bahan-bahan makanan dalam kondisi prima hingga 7 hari tanpa pembekuan.

Punya Sisa Sayur yang Nggak Terpakai? Olah Jadi Kaldu Sayur Yuk!

Jangan pernah buang sisa-sisa sayur setelah memasak, Sahabat Fimela! Sisa sayur ini juga turut berkontribusi dalam menyumbang sampah makanan loh!

Cara terbaik yang bisa dilakukan terhadap sisa memasak ini adalah dengan mengolahnya menjadi kaldu sayur. Untuk membuatnya, diperlukan kompor berkualitas yang terjamin dalam mengolah berbagai masakan.

Seperti kompor Electrolux dengan burner pada tungku yang bisa menghasilkan energi panas api berkekuatan setara 4,8Kw dan api stabil untuk memasak secara efisien. Memiliki tingkat efisiensi pemanasan tinggi sebesar 57%, membuat kompor ini menjadi stabil dan pemanasan bisa berlangsung sempurna sesuai tingkat kematangan yang diinginkan.

Mencintai lingkungan dan menjaga bumi ini bisa dilakukan mulai dari rumah loh! Saatnya kurangi food waste dengan pengolahan bahan makan secara efisien dan selalu menggunakan alat dapur berkualitas maksimal seperti Electrolux Dapatkan informasi lengkapnya dengan klik di sini ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading