Sukses

Lifestyle

Doa Setelah Mimpi Buruk Agar Tidak Terjadi Di Dunia Nyata

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi buruk saat tidur. Walaupun hanya bunga tidur saja dan bisa dilupakan setelah bangun, tetapi mimpi buruk bisa menyebabkan seseorang menjadi cemas, khawatir, sedih dan sangat ketakutan.

BACA JUGA: Tafsir Mimpi Gigi Atas Copot Dan Maknanya

Menurut agama Islam, Nabi Muhammad mengelompokkan jenis mimpi menjadi tiga bagian yaitu:

وَالرُّؤْيَا ثَلَاثٌ، الحَسَنَةُ بُشْرَى مِنَ اللَّهِ، وَالرُّؤْيَا يُحَدِّثُ الرَّجُلُ بِهَا نَفْسَهُ، وَالرُّؤْيَا تَحْزِينٌ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ رُؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلَا يُحَدِّثْ بِهَا أَحَدًا وَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ

Artinya: "Mimpi itu ada tiga. Mimpi baik yang merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi karena bawaan pikiran seseorang (ketika terjaga), dan mimpi menyedihkan yang datang dari setan. Jika kalian mimpi sesuatu yang tak kalian senangi, maka jangan kalian ceritakan pada siapa pun, berdirilah dan shalatlah!." (HR Muslim).

Jika Sahabat Fimela mengalami mimpi buruk, sebaiknya segera membaca doa dan melakukan amalan, agar mimpi tersebut tidak terjadi di dunia nyata. Berikut doa setelah mimpi buruk, yang dilansir dari Merdeka.com:

Doa Setelah Mimpi Buruk

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya: “Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

Doa Kedua Setelah Mimpi Buruk

أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.”

Menurut Nabi Muhammad, mimpi buruk datang dari setan, seperti yang tertulis dalam haditsnya berikut ini:

“Mimpi yang baik itu dari Allah. Sedangkan mimpi yang buruk itu dari setan. Jika salah seorang dari kalian bermimpi yang tidak ia sukai, maka hendaknya ia meniup ke sebelah kirinya tiga kali dan membaca ta’awwudz sebanyak tiga kali. Kemudian setelah itu hendaknya ia membalik tubuhnya ke sisi yang lain, dengan demikian tidak ada lagi yang membahayakan dan jangan ceritakan kepada seorang pun mimpi tersebut.” (HR. Bukhari no. 6995, Muslim no. 2261).

Amalan Saat Mimpi Buruk

Setelah mengalami mimpi buruk, sebaiknya berdoa dan lakukan beberapa amalan dari Rasulullah SAW, agar mimpi tersebut tidak terjadi di dunia nyata dan kita bisa tidur lebih nyenyak.

Saat terbangun dari mimpi buruk, sebaiknya segera meniup sisi kiri sebanyak tiga kali. Kemudian baca ta’awwudz (A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim) sebanyak tiga kali. Setelah itu, ubahlah posisi tidurmu berbeda dari sebelumnya, untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Sebaiknya setelah mengalami mimpi buruk, jangan ceritakan mimpi tersebut kepada orang lain. Karena orang lain bisa mendoakan hal buruk untukmu, agar mimpi tersebut terjadi dan mencelakaimu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading