Sukses

Lifestyle

Buaya di India yang Hidup Menjadi Hewan Reptil Vegetarian dan Hanya Makan Nasi

Fimela.com, Jakarta Buaya salah satu hewan reptil yang hidup di air. Memiliki ukuran yang besar dan termasuk karnivora atau hewan pemakan daging. Namun berbeda dengan buaya yang hidup di India Selatan.

Buaya yang sudah tinggal selama 70 tahun di Kuil Danau Swamy Sri Ananthapadmanabha di Distrik Kasaragod, Kerala, India Selatan, merupakan buaya vegetarian yang diberi nama 'Babiya'.

Dilansir Oddity Central, kejadian itu merupakan salah satu dari beberapa kali reptil raksasa itu memasuki kuil. Buaya tersebut kerap menghabiskan sebagian besar waktunya di kolam yang berdekatan dengan kuil.

Buaya tersebut menunggu para pendeta untuk membawakannya makanan vegetarian.

Menurut para pendeta, Babiya telah hidup di Kuil Sri Ananthapadmanabha hanya memakan nasi selama dia berada di kuil. Sudah lebih dari tujuh dekade Babiya tinggal di sana, sehingga banyak orang yang sudah terbiasa melihatnya.

Para pendeta di sana juga mengklaim bahwa reptil itu tidak pernah mencoba menyerang mereka, dan menganggap hewan tersebut suci.

"Legenda mengatakan bahwa pada tahun 1945, seekor buaya yang juga kemudian disebut Babiya muncul di kolam kuil beberapa hari setelah seorang perwira tentara Inggris dibunuh secara misterius oleh binatang yang tidak diketahui. Dikatakan bahwa petugas tersebuttelah menembak seekor buaya yang berada di kuil pada waktu itu," kata Mahalingeshwara Bhat, ketua dewan pengawas kuil.

Bahkan, tahun lalu buaya besar di dalam kuil tersebut menjadi berita utama internasional, sehingga meningkatkan popularitas kuil Hindu kecil itu.

Makan nasi dua kali perhari

Babiya yang juga dikenal sebagai buaya rawa ini, menerima dua kali makan nasi per hari, satu di pagi hari dan satu lagi di sore hari.

Menurut staf di kuil Sri Ananthapadmanabha, Babiya tidak pernah menerima daging apapun dan menariknya tidak menyerang ikan yang berbagi kolam dengannya.

Hal ini tentu mengerankan sebab buaya sangat sulit untuk makan vegetarian.

"Saya memberi makan Babiya 1 kg beras setiap hari. Dia tidak diberi makan daging, bahkan tidak menyerang ikan di danau," kata seorang anggota staf kuil.

Menurut pakar buaya, Anirban Chaudhuri, Babiya adalah jenis buaya rawa yang makanan liar alami mereka adalah ikan, reptil ini juga memakan mamalia kecil dan besar, seperti rusa, babi hutan, dan lain-lain.

Selama 70 tahun berada di kuil, Babiya tidak pernah menyerang manusia di sana.

Uniknya lagi ketika buaya itu memasuki bangunan kuil tahun lalu, kepala pendeta Chandraprakash Nambisan meminta Babiya kembali ke kolam dan secara mengejutkan reptil itu mendengarkan, berbalik, dan kembali ke tempat favoritnya.

Selama bertahun-tahun, Sri Ananthapadmanabha Swamy Lake Temple atau Kuil Danau Swamy Sri Ananthapadmanabha di Kasaragod telah terkenal sebagai rumah buaya vegetarian yang tidak berbahaya, dan kini banyak orang yang berkunjung ke sana hanya untuk melihat Babiya, si buaya vegetarian.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading