Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Menjadi Perempuan yang Gampang Tersinggung

Fimela.com, Jakarta Watak, karakter, dan kepribadian kita bisa sangat berbeda dengan orang-orang di sekitar kita. Bahkan cara kita merespons perkataan orang lain bisa berbeda juga. Perkataan yang dianggap orang lain biasa saja, bisa cukup menyinggung kita. Namun, kalau kita merasa mudah sekali tersinggung, sepertinya kita perlu melakukan evaluasi diri.

Terlalu mudah tersinggung bisa membuat kita merasa tak nyaman sendiri. Mudah merasa terluka bisa membuat kita kesal sendiri. Mungkin memang kita punya tingkat sensivitas yang berbeda dengan orang lain, tetapi bukan berarti kita tak bisa mengontrol diri agar bisa lebih nyaman dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak menjadi perempuan yang gampang tersinggung, seperti berikut ini.

1. Kenali Pemicunya

Apa pemicunya? Situasi seperti apa yang membuatmu merasa mudah tersinggung? Siapa orang yang sering membuatmu merasa tersinggung? Kenali pemicunya, dan coba ajak bicara dirimu sendiri. Dengan mengenali pemicunya ini, kita bisa lebih mudah menyiapkan diri dan mengantisipasi keadaan yang serupa. Selain itu, kita pun tidak akan mudah merasa meledak-ledak atau terlalu reaktif saat pemicu ini hadir.

2. Perluas Sudut Pandang

Saat merasa tersinggung dengan ucapan seseorang, cobalah untuk berada di posisinya. Mungkin memang dia punya pembawaan yang blak-blakan sehingga tidak berpikir dulu sebelum berbicara atau mengungkit hal yang sensitif kepadamu. Sadari bahwa tiap orang punya keunikan sendiri dalam menyampaikan isi pikiran melalui perkataan.

 

3. Membuat Batasan

Melansir laman meanttobehappy.com, banyak orang mudah tersinggung karena secara emosi tidak bisa membedakan pikiran dan perasaan batin sendiri. Sebagai contoh, kamu langsung tersinggung jika ada yang tidak menyukai idolamu. Kamu merasa diserang oleh orang tersebut, padahal yang ia sampaikan adalah preferensi pribadinya. Di sini perlu membuat batasan atas posisi orang yang berbicara denganmu dan esensi ucapan atau perkataannya.

4. Terima Ketidaksempurnaan

Bisa jadi kamu punya tingkat kepekaan yang berbeda ketika menanggapi omongan atau ucapan orang lain. Yang kamu anggap menyinggung mungkin dianggap hal yang biasa oleh orang lain. Boleh sesekali kamu meminta bantuan orang lain untuk memberi sudut pandang yang berbeda ketika ada hal yang membuatmu tersinggung. Terima dirimu sepenuhnya dan seutuhnya juga, sebab kadang kamu merasa mudah tersinggung karena merasa punya kekurangan. 

5. Alihkan Perhatian

Ada perkataan seseorang yang membuatmu tersinggung dan kamu merasa ucapannya itu memang tidak sopan, mungkin ada baiknya memang menjauh saja. Alihkan perhatian pada hal-hal yang lebih penting untukmu. Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu merasa lebih nyaman dan tenang. Tak perlu berpikir berlebihan tentang hal yang sebenarnya tak terlalu penting untukmu.

Apakah Sahabat Fimela punya tips atau cara lain yang lebih efektif agar tidak mudah tersinggung? Boleh lho berbagai sudut pandang dan pendapat di sini.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading