Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Bijaksana yang Selalu Bersikap Dewasa

Fimela.com, Jakarta Salah satu tanda kedewasaan pada diri seseorang dapat kita lihat dari sikapnya yang bijaksana. Tentu semua orang pasti ingin memiliki sifat yang bijaksana, karena itu berkaitan dengan kualitas diri kita. Dengan sifat yang bijaksana, tidak hanya akan membuat kita disukai orang lain tapi juga bermanfaat bagi mereka.

Mau tahu, apakah kamu termasuk orang yang bijaksana atau tidak? Berikut ini beberapa tanda orang yang bijaksana.

1. Selalu berpikir sebelum bicara

Meskipun dalam keadaan emosi, orang yang bijaksana akan selalu bersikap baik. Mereka tahu cara mengambil sikap dalam berbagai situasi, termasuk selalu bepikir sebelum berbicara. Jadi meskipun mereka sedang marah, mereka tak akan mengeluarkan kata-kata di luar batas yang bisa menyakiti orang lain.

2. Mempertimbangkan dengan matang sebelum membuat keputusan

Tidak semua orang bisa bersikap bijak saat mengambil keputusan. Namun berbeda dengan orang yang bijaksana, kamu akan selalu mempertimbangkan dengan matang apapun yang dia putuskan dalam hidupnya, karena itu adalah hal penting dalam kehidupannya.

3. Bertanggung jawab

Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia akan selalu mencoba memperbaiki keadaan dengan usahanya sendiri.

4. Tidak mudah merasa dendam

Orang yang bijaksana tidak mudah menyimpan dendam meskipun disakiti orang lain. Justru mereka akan menginstropeksi dirinya sendiri dan melihat segala permasalahan dengan obyektif. Mereka juga tidak mudah menghamiki orang lain, yang membuat mereka mudah memaafkan kesalahan orang.

5. Tidak malu minta maaf terlebih dahulu

Semua orang pasti pernah berbuat kesalaha, tapi tidak semua orang berani meminta maaf terlebih dahulu. Berbeda halnya dengan orang yang bijaksana, mereka tidak akan malu minta maaf terlebih dahulu jika merasa bersalah. Sebab, mereka mampu mengendalikan emosi dan gengsinya.

Jika memiliki beberapa tanda di atas, itu artinya kamu termasuk orang yang bijaksana.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading