Sukses

Lifestyle

Terbaru, Quick Commerce Pengiriman Produk Rumah Tangga Dan Kebutuhan Sehari-Hari Dalam 15 Menit

Fimela.com, Jakarta Indonesia kini telah memasuki era quick commerce (qCommerce).  Hal ini disebabkan pandemi Covid-19 telah mengubah keseharian konsumen dan menciptakan prioritas dan fokus baru di dalam kehidupan. 

Meskipun masih akan ada konsumen yang memilih untuk berbelanja langsung ke toko, atas dasar efisiensi dalam menghemat waktu juga keamanan, sebagian besar warga Jakarta masih akan memilih untuk berbelanja online demi kenyamanan seperti membeli produk rumah tangga.

Maka hadirlah qCommerce yang merupakan sebuah perpanjangan dari konsep eCommerce. Dan seperti namanya, utamanya qCommerce menjanjikan pengantaran barang dalam waktu yang singkat.

Seiring dengan berkembanganya evolusi digital di Indonesia, prospek jangka pendek maupun panjang dari sektor ritel terlihat cerah. Dengan meningkatnya urbanisasi, jumlah keluarga kecil dan orang yang tinggal mandiri menjadi semakin banyak. 

Hal ini berakibat pada meningkatnya permintaan untuk pengiriman produk dalam jumlah kecil dan menurunnya permintaan untuk pembelian barang grosir - seperti yang banyak didapati di ranah online seperti eCommerce. Bisa dibilang bahwa qCommerce merupakan fase selanjutnya dari pengembangan eCommerce. Perbedaan utamanya terdapat dari segi kecepatan mengantar barang. 

Pada konsep qCommerce, kecepatan merupakan nilai jual utama. Populasi Indonesia yang cukup padat dan memiliki banyak generasi muda, terlebih dengan kelas menengah yang terus berkembang merupakan pendorong utama ekspansi di bidang ritel dan eCommerce. E-commerce secara tradisional merevolusi lanskap pengiriman melalui pemesanan online. 

Di sisi lain, qCommerce membawa sejumlah kecil barang ke konsumen hampir secara instan, kapanpun dan dimanapun mereka membutuhkannya.

Oleh karena itu, Astro hadir dengan menyajikan sebuah konsep yang dapat menyambut perubahan tersebut. Dengan mengedepankan komitmen yang menjanjikan pengiriman dalam kurun waktu 15 menit dan banyak penawaran lainnya, Astro menjadi platform on-demand pertama dan paling cepat berkembang di Indonesia untuk bahan makanan, produk rumah tangga dan kebutuhan pokok yang mengadaptasi konsep qCommerce.

Vincent Tjendra, Co-Founder & CEO Astro Indonesia  Mengatakan jika Astro lahir karena pengalamannya yang membutuhkan bahan-bahan dapur dengan waktu yang cepat. 

“Awalnya saya sama istri lagi masak trus membutuhkan bahan makanan dengan cepat, dari situ terpikir sangat dibutuhkan aplikasi yang mengantar barang dengan cepat,” ujar Vicent dalam peluncuran virtual Astro. Meski hanya waktu 15 menit, namun barang dana packing akan tetap aman.

Saat ini, cakupan lokasi ASTRO dapat ditemukan di sebagian besar wilayah Jakarta meliputi Kemang, Senayan, Kuningan dan daerah lainnya.

“Astro adalah platform on demand pertama di Indonesia untuk pembelian bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari dengan pengantaran cepat. Kami bertujuan untuk melayani pelanggan dengan berbagai macam kebutuhan: pengaturan jadwal kerja, mengurus rumah tangga atau bahkan ketika sekedar ingin membeli camilan saat larut malam,” ujarnya.kecepatan rekor 15 menit memungkinkan karena “toko” dioptimalkan untuk pengiriman dan berlokasi strategis. 

Pelayanan lebih baik

Vicent mengatakan dari segi bisnis, terutama bisnis lokal - Astro menjanjikan pengalaman melayani konsumen dengan lebih baik dan dalam waktu 15 menit saja. T

Platform ini lebih cocok untuk pengiriman barang yang masuk ke dalam kategori tertentu seperti es krim, daging beku, serta buah dan sayuran segar. Kategori-kategori ini secara umum cukup menantang dari sisi logistik karena waktu yang dibutuhkan untuk mengantar barang, tetapi Astro yakin bahwa saat ini, layanan tersebut dapat dilakukan dengan cepat, efisien dan terpercaya.

“Sebagai seorang ibu, pasti harus membutuhkan aplikasi cepat. Misalnya anak yang mendadak jatuh sakit di tengah kesibukan sehari-hari, memasak setengah jalan dan menyadari toples garam saya kosong hingga melupakan lipstik kesayangan saya saat saya akan mengikuti presentasi penting. Hal-hal ini mungkin terdengar sepele tetapi semua ini dapat membuat saya stres karena ada kalanya saya butuh membeli sesuatu dalam kurun waktu yang cepat dan tidak bisa menunggu. Maka Astro sangat membantu,” papar Cynthia Ganesha, Celebgram & Influencer membagikan pengalamannya.

Dimulai dari tanggal 15 November 2021 - 30 November 2021 Astro akan mengadakan #Tantangan15Menit dimana pelanggan diajak untuk berbagi pengalaman mereka saat menggunakan platform dan menerima barang mereka dalam waktu 15 menit setelah pembelian. Akan ada pemenang harian yang dipilih selama periode ini.

Sejauh ini, cakupan lokasi ASTRO meliputi seluruh area di kota Jakarta. Contohnya Puri, Kelapa Gading, Kemang, Kuningan, Senayan, Kemayoran, Pondok Kelapa, Jatinegara dan Pantai Indah Kapuk. Astro juga tersedia di wilayah Jabodetabek seperti BSD, Bintaro, dan juga Alam Sutera.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading