Sukses

Lifestyle

Aksi Kolektif Pulihkan UMKM dengan Edukasi dan Teknologi

Fimela.com, Jakarta Dampak pandemi bagi UMKM di Indonesia terbilang cukup besar. Tidak hanya dari segi ekonomi melainkan juga dari segi sosial.

Untuk itu, Tokopedia menghadirkan program Tokopedia Beraksi untuk Sesama atau Tokopedia Bersama. Program ini mengajak masyarakat untuk lebih peduli akan isu sosial serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan guna mendorong pemulihan ekonomi, terutama UMKM.

Setidaknya, Tokopedia Bersama mengusung lima pilar dalam programnya, yakni pendidikan dan teknologi, pemberdayaan kelompok difabel, perempuan, penyintas bencana, dan aksi lingkungan.

“Program turunan Tokopedia Bersama mencakup kegiatan kerelawanan, program akselerasi UMKM, fitur donasi, pelatihan untuk berbagai kelompok masyarakat yang membutuhkan hingga kegiatan tanggap bencana,” kata Public Affairs Senior Lead Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.

 

Donasi untuk UMKM

Sejak Januari 2018-Oktober 2921, donasi pengguna yang terkumpul lewat mitra organisasi berlisensi dari berbagai kampanye donasi dan fitur Top Donasi di Tokopedia dengan pencapaian lebih dari Rp54 miliar.

Ada beberapa UMKM yang menerima donasi ini. Di antaranya Havilla Gourmet Tea, Bagoes Bag, dan Dengar Indonesia. Tokopedia memberikan bantuan berupa dana dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha.

Masing-masing UMKM memanfaatkan bantuan diberikan tidak hanya untuk meningkatkan penjualan usaha, melainkan juga memberdayakan komunitas. Seperti yang dilakukan Havilla Gourmet Tea yang memanfaatkan dana tersebut untuk memberdayakan Komunitas Anak Spesial Indonesia dan tim yang terdiri dari 10 orang perempuan.

 

Dampak terhadap sosial

"Hampir seluruh produk Havilla Gourmet Tea berasal dari perkebunan lokal. Tim kami terdiri dari 10 orang perempuan dan kami juga memberdayakan Komunitas Anak Spesial Indonesia (KPAS) melalui pelatihan tata boga,” papar Co-Founder Havilla Gourmet Tea, Ajeng Respati.

Lain halnya dengan Dengar Indonesia yang tetap mampu memperkenalkan dan memasarkan karya pengrajin difabel sekaligus memberikan pelatihan memproduksi kerajinan tangan. Sehingga mereka memiliki kesempatan yang sama untuk berkarya secara mandiri.

Tokopedia Bersama terus memberikan manfaat untuk masyarakat di tengah pandemi dan fokus membantu pemulihan ekonomi Indonesia lewat berbagai inistiatif dan program lainnya. Deretan inisiatif di bawah naungan Tokopedia Bersama diharapkan dapat memberikan solusi menyeluruh yang dapat membantu seluruh masyarakat Indonesia, termasuk UMKM lokal, agar kita bisa #BangkitBersama dan terus berkontribusi dalam memulihkan ekonomi

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading