Sukses

Lifestyle

Fimela Fest 2021: Investasi Modern dengan Kripto Lebih Mudah dan Menjanjikan

Fimela.com, Jakarta Di zaman sekarang, bentuk investasi itu banyak, salah satunya adalah crypto. Apa itu investasi crypto? Banyak orang mungkin sudah mengenalnya karena akhir-akhir ini begitu ramai diperbincangkan. Tapi bagi yang belum tahu apa itu kripto. Yuk kenalan dengan investasi kripto bersama Ayu Bianti sebagai Community Engagement Executive dari Tokocrypto.

Tokocrypto sendiri merupakan perusahaan perdagangan mata uang kripto yang didirikan akhir 2017 dan sudah mulai beroperasi pada Bulan Mei 2018. Nah, untuk mengetahui lebih jelas, simak pembahasannya berikut ini.

Apa itu investasi kripto?

Ditemui secara virtual di Fimela Talk 2021 dalam sesi Finacial Talk: Future Investment of Modern Women (19/11/21), Ayu Bianti menjelaskan, "Investasi aset kripto merupakan salah satu instrumen investasi yang dapat diperjualbelikan, diatur oleh BAPPEBTI dan diakui secara luas. Tidak seperti mata uang, kripto tidak bsia digunakan sebagai alat pembayaran."

Apa saja jenis-jenis kripto?

"Kripto sendiri sudah ada sejak 2018 dan muncul pertama kali karena adanya penurunan kepercayaan pada Bank Central, pelopor pertama kripto adalah Bit coin. Aset kripto juga punya puluhan ribu jenis. Ada 4 jenis kripto yang bisa dibedakan yaitu kripto stable coin, exchange token, utility token dan currency token", lanjut Ayu.

Apa saja keuntungan dari investasi crypto/kripto?

"Aset kripto itu mutable, hemat biaya dan waktu (murah dan bisa kapan saja) karena waktu operasionalnya nonstop 24 jam. Selain itu juga limited supply dan treshable serta pencatatannya dilakukan secara decentralized atau tersebar," jelasnya.

Bagaimana dengan risikonya?

"Untuk risiko, kita bisa membaginya menjadi 3 bagian, yang pertama adalah memiliki fluktuasi harga yang tinggi.

"Kedua, jika tidak paham maka berisiko rugi. Penting untuk investor pemula agar do your research, harus mempelajari dan memahami profil investasi yang diminati. Sebelum memutuskan membeli aset kripto, wajib pelajari aset yang ingin dibeli, pahami developer seperti apa dan lain sebagainya. Jangan sampai ketika memiliki likuiditas rendah maka sulit diperdagangkan."

"Ketiga, mengalokasikan budget sesuai dana yang ada dan pastikan menggunakan uang dingin. Jadi jika tiba-tiba jatuh maka tidak akan mengganggu keuangan sehari," ungkap Ayu.

Apakah kripto bisa diuangkan kapan pun ketika kita butuh?

"Bisa banget, karena transaksi tradingnya 24 jam, yang harus dilakukan adalah menjual aset yang dimiliki kemudian bisa ditarik ke rekening bank."

"Investasi kripto juga bisa dibagi menjadi 2 untuk jangka pendek as trader dan jangka panjang as investor, dan biasanya yang jangka panjang lebih diminati pemula," tambahnya.

Bagaimana peluang atau prospek keuntungan dari investasi crypto?

"Karena banyak diminati maka semakin besar peluang keuntungannya, tergantung pemilihan token/koin yang diinvestasikan. Kalau di Tokocrypto ada kelebihaan yang unik, yaitu pasive income."

Apa yang membedakan Tokocrypto dengan agen kripto lain?

"Pertama, mulai dengan Rp50.000 saja sudah bisa investasinya. Trading kita paling murah untuk tarikan, dananya hanya Rp5.500 flat. Kemudian proses deposit bisa dilakukan menggunakan virtual account atau e-wallet."

"Ditambah lagi keamanan, orang pasti ingin agen yang pasti aman. Di Tokocrypto sudah punya ISO 27017, mudah diakses karena ada website atau aplikasinya. Kami juga menjalin kerjasama dengan Peruri."

Jika ingin memulai investasi kripto juga sangat sederhana dan tidak ribet, tanpa harus ke kantor Tokocrypto, cukup di rumah saja, akses ke website atau aplikasinya. Setelah melakukan pendaftaran dan diverifikasi, Sahabat Fimela bisa langsung menggunakannya.

Kapan timing/waktu yang tepat untuk investasi kripto?

"Timing yang tepat adalah saat harganya sedang turun dan harga jual sedang tinggi, tapi kalau ingin tahu harganya lagi turun atau naik memang perlu analisis. Nah di sinilah pengguna bisa menggunakan fasilitas Tokocrypto karena kita menyediakan trabar atau poin analisis."

Berapa modal investasi awal yang harus disiapkan?

"Minimal investasi cuma 50 ribu di Tokocrypto, jadi bisa sekali memulai dengan modal yang kecil."

Tips sebelum memulai investasi kripto

Untuk tips yang bisa dibagi, Ayu juga membeberkan, "Aset kripto ini merupakan suatu hal yang baru di masyarakat sehingga masih perlu edukasi tentang aset kripto sehingga pengguna tidak rentan mengalami penipuan. Untuk pemula, penting sekali memahami risiko aset kripto karena setiap instrumen investasi memiliki risiko, memilih pedang kripto yanng aman dan diakui itu penting, begitu pula memastikan koin/tokennya diakui oleh  Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Satu hal lagi, pastikan menggunakan uang dingin."

Nah, seru sekali ya Financial Talk dengan Tokocrypto tersebut, sekarang jadi lebih melek finansial ya Sahabat Fimela. 

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading