Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Sering Membohongi Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Orang yang selalu jujur pada orang lain ternyata belum tentu bisa jujur pada diri sendiri. Hidup dengan banyak orang membuat kita harus pandai-pandai menjaga sikap dan menjaga perasaan orang lain. Masalahnya, hal ini terkadang membuat kita harus menekan perasaan bahkan kebahagiaan sendiri demi kenyamanan orang lain. Sehingga, kita sering membohongi diri sendiri karena perasaan tidak enak atau takut dijauhi orang laun.

Berikut ini beberapa tanda kalau kamu belum bisa jujur dan masih suka membohongi diri sendiri.

1. Perasaan dan perkataan suka bertentangan

Kalau kamu masih sering memendam perasaan dan tak mau mengungkapkannya karena takut melukai hati orang lain. Atau takut berkata tidak karena merasa tidak enak. Bila kamu sering melakukannya, ini berarti kamu sering menipu diri sendiri. Bagaimana pun juga kamu harus jujur dengan perasaanmu, kamu butuh menceritakan pada orang lain saat kamu marah, sedih, dan bingung.

2. Sering merasa bingung

Ketika kamu sering membohongi diri sendiri, kamu juga akan merasa bingung. Sebab, hati dan pikiranmu tidak sehalan. Akhirnya, hal ini menimbulkan perang batin. Dan pada akhirnya kamu sendiri juga akan bingung membuat keputusan.

3. Sikapmu sering berubah-ubah

Saat kamu membohongi diri sendiri, sikapmu terhadap orang lain pun mudah berubah. Kamu tak hanya menipu diri sendiri, tapi orang lain juga akan merasakan dampaknya. Saat kamu tidak jujur pada diri sendiri, maka kamu juga tidak akan jujur pada orang lain. Kamu tidak bebas dan melakukan apapun yang sesuai dengan isi hatimu.

4. Sering menangis tanpa alasan

Saat kamu membohongi diri sendiri, percayalah itu juga akan berpengaruh pada suasana hatimu. Kamu yang tak pernah berkata dan memperjuangkan keinginanmu demi orang lain, tentu memendam hal yang akan kamu ekspresikan suatu saat nanti. Misalnya saja saat kamu ingin sekali mendapatkan sesuatu, tapi kamu tidak bisa melakukannya. Kamu memilih menahan keinginanmu dan perasaanmu semakin tidak menentu.

5. Tidak nyaman dengan diri sendiri

Tidak nyaman dengan diri sendiri adalah hal yang paling terasa saar kamu tidak jujur pada diri sendiri. Kamu akan jadi lebih banyak cemas, sensitif, bingung dan khawatir berlebihan tentang kehidupanmu. Ini semua tidak lain karena kamu  selalu memendam perasaanmu, kamu tidak mampu menguratakan isi hatimu dengan jujur.

Kejujuran itu bukan hanya untuk orang lain, namun yang tak kalah pentingnya ialah jujur pada diri sendiri. Bagaiamana kamu bisa jujur pada orang lain sementara kamu saja terus-terusan membohogi dirimu sendiri?

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading