Sukses

Lifestyle

Fakta-Fakta Menarik IdeaFest 2021 Penuh Kejutan dan Terobosan

Fimela.com, Jakarta IdeaFest 2021 memasuki tahun ke-10 tahun atau satu dekade sebagai wadah bagi para pelaku industri kreatif tanah air untuk saling bersinergi. Setelah tahun lalu digelar dalam format daring, tahun ini festival kreatif terbesar se-Indonesia tersebut hadir secara hybrid (daring dan luring).

Berikut ini beberapa fakta menarik IdeaFest 2021 yang Fimela rangkum saat mengikuti Main Event Virtual Press Conference 'IdeaFest 2021-The Future of X", Kamis (25/11/2021);

Perayaan 1 Dekade

Tak terasa IdeaFest sudah mengawal industri kreatif selama 10 tahun. Sebagai pengingat sekaligus perayaan, IdeaFest 2021 kembali mengundang Stefan Sagmesiter yang juga menjadi salah seorang pengisi acara di IdeaFest 2011. 

"Kami undang kembali guru besar yang sangat menginspirasi masyarakat dan komunitas kreatif yaitu Sagmesiter. Ini juga sebagai bentuk perjalanan 1 dekade (IdeaFest)," ujar Co-Founder IdeaFest Ben Soebiakto.

 

70 Persen Berisi Talent Baru

Dari 140 speaker yang menjadi lineup di IdeaFest 2021, Ben Soebiakto menambahkan, 70 persen di antaranya belum pernah bicara dalam sebuah 'panggung'.

"Jadi semangat IdeaFest untuk mengangkat talent baru dari Sabang sampai Merauke dengan kurasi yang ketat untuk menghadirkan nama-nama yang layak dan terbaik untuk didengarkan," lanjut Ben.

 

Pembicara Internasional

Digelar secara hybrid, tak dipungkiri mempermudah akses pelibatan speaker internasional secara online lewat live streaming. Di antaranya produser dan penulis lagu hits di dunia K-pop Tablo sampai dalang di balik kesuksesan Crazy Rich Asians Kevin Kwan. 

"Tahun ini kami banyak pembicara asing, karena digelar hybrid, dari Hollywood, New York sampai Korea. Kami mau belajar bagaimana menghadirkan industri konten yang berkembang dari Tablo sampai Kevin Kwan," sambungnya lagi.

 

Menciptakan metaverse lewat Jagat.Live

Konsep hybrid yang dikemas untuk IdeaFest menghadirkan pengalaman baru secara offline melalui M Bloc Space dan secara online lewat virtual arena, sebuah metaverse bernama Jagat.Live. Co-CEO of Samara Live Desy Bachir menceritakan tentang experience terbaik, berbeda, dan relevan yang dikemas menjadi satu kesatuan. 

"Jagat Live berusaha menghadirkan pengalaman berinteraksi satu sama lain meski hadir secara online. Seperti main game, kita bisa buat avatar, saling follow sesama pengunjung, baik private atau publik," ujar Ben lagi.

 

Program Baru

IdeaFest 2021 membuat IdeaFest Music Camp hasil kolaborasi dengan Juni Records. Yaitu program kurasi bagi musisi baru untuk dibentuk dan dikembangkan yang mencatatkan 200 pendaftar.

"IdeaFest dikenal sebagai wadah suara lintas industri, saling menginspirasi, mendukung kami sebagai musisi, memberi insipirasi dan motivasi. Harapan kami buat generasi kami semakin bangkit dan nunjukkan bangkit dirinya, jadi game changer, berdamai dengan situasi yang enggak pasti, terutama melalui karya-karya," ujar Natasha Udu & Rayhan Noor dari grup Lomba Sihir dalam kesempatan yang sama.

#ElevateWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading