Sukses

Lifestyle

5 Cara Elegan Menjadi Perempuan yang Lebih Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Kepercayaan diri kadang naik, kadang turun. Bahkan proses untuk meningkatkan rasa percaya diri bisa berlangsung seumur hidup. Apalagi dengan berbagai macam persoalan dan lika-liku  hidup yang dijalani, kadang kita bisa berada di posisi yang paling tidak mengenakkan dan membuat kita kehilangan rasa percaya diri.

Bagi yang saat ini ingin meningkatkan rasa percaya diri, ada beberapa cara sederhana dan elegan yang bisa dicoba. Cara-cara ini mungkin tidak terdengar fantastis tapi bisa sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan dirimu. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Hadirkan Pola Hidup Seimbang

Kebiasaan-kebiasaan yang senantiasa membantumu memiliki kehidupan seimbang bisa membuatmua merasa nyaman. Mulai dari kebiasaan makan, kebiasaan tidur, olahraga, hingga kebiasaan dalam bekerja dan menjalani rutinitas, semua itu jika dilakukan dengan seimbang bisa menghadirkan kenyamanan. Kalau sudah nyaman, maka rasa percaya diri bisa hadir dengan sendirinya.

2. Ciptakan Tujuan Hidup yang Jelas

Membuat tujuan dan putuskan apa yang ingin kamu capai sebagai bagian dari membangun kepercayaan diri. Bayangkan masa depanmu dan tindakan apa yang ingin kamu lakukan untuk membuat perubahan. Dengan adanya tujuan hidup yang jelas ini kamu akan memiliki motivasi kuat untuk tidak gampang menyerah dalam menghadapi sebuah persoalan atau permasalahan.

3. Berusahalah Hidup Mandiri

Kita bisa lebih percaya diri dengan memiliki kemampuan berdiri di atas kaki sendiri. Melansir laman lifehack.org, tingginya rasa percaya diri memberi sudut pandang positif terhadap diri sendiri. Dengan rasa percaya diri yang tinggi ini, kita tak mudah merasa putus asa atau menyerah ketika dihadapkan pada situasi sulit. Sehingga kita tak mudah putus asa ketika dihadapkan pada sebuah persoalan yang tak pernah kita duga sebelumnya.

4. Tersenyumlah

Bisa diawali dengan tersenyum kepada diri sendiri, seperti ketika sedang bercermin. "Atur ekspresi kita supaya rileks, suara kita lebih lembut, langkah kita lebih terukur; sedikit demi sedikit, kondisi luar akan melunakkan kondisi batin," papar Seneca, seorang filsuf Stoik. Kadang rasa percaya diri menurun karena kita terlalu cemas atau hati kita sedang tidak tenang. Maka, coba perlahan hadirkan kembali senyum di wajahmu agar perasaan bisa lebih baik.

5. Berhenti Membanding-bandingkan Standar Hidup

Fokus saja dulu dengan hidupmu, bukan hidup orang lain. Jalani rutinitas dan kebiasaan harian yang paling membuatmu nyaman. Buatlah pencapaian yang memang kamu inginkan dan kamu butuhkan. Kalau terlalu sering membanding-bandingkan hidup sendiri dengan orang lain, yang ada nanti malah akan membuatmu merasa makin insecure.

Yuk, perlahan kita beproses jadi perempuan yang lebih percaya diri. Semoga info-info di atas bermanfaat, ya Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kepercayaan Diri Bisa Meningkat dengan Kebiasaan Sederhana Ini
Artikel Selanjutnya
Tiap Perempuan Itu Istimewa, 5 Cara Lebih Nyaman Menjadi Diri Sendiri