Sukses

Lifestyle

5 Perubahan yang Paling Terasa saat Perempuan Memilih untuk Berpenghasilan Sendiri

Fimela.com, Jakarta Tiap orang berhak memilih jalan hidupnya sendiri. Sebagai perempuan, kita pun punya kewenangan dan hak untuk menjalani pilihan hidup kita dan bertanggung jawab atas pilihan tersebut. Salah satunya adalah soal bekerja dan memiliki penghasilan sendiri.

Bagi yang saat ini memutuskan untuk memiliki penghasilan sendiri, ada sejumlah perubahan yang paling terasa di hidupmu. Punya gaji atau pendapatan sendiri tak lantas membuatmu egois atau ingin menang sendiri. Justru ada beberapa perubahan positif yang bisa kamu alami ketika menjadi perempuang yang berdaya.

1. Mendapatkan Kepuasan Batin

Ada kepuasan batin yang bisa didapatkan saat kita memilih bekerja sebagai salah satu bentuk aktualisasi diri. Selain bisa menghasilkan uang, kita juga bisa memberi manfaat pada sekitar. Dari kemampuan dan keahlian yang kita punya, kita bisa memberi manfaat atau membuat perubahan positif untuk sekitar kita. Hal ini bisa menghadirkan kebahagiaan dan kepuasan batin yang membuat kita lebih bersemangat jalani hidup.

2. Meningkatnya Rasa Percaya Diri

Bekerja dan mengembangan potensi menempa karakter kita untuk lebih percaya diri. Bisa melakukan sesuatau atau menghasilkan sesuatu dari kemampuan dan keahlian yang kita punya bisa membuat kepercayaan diri meningkat. Bahkan kita pun bisa lebih tegar dan kokoh berdiri di atas kaki sendiri tanpa selalu merepotkan orang lain. 

3. Membaiknya Kemampuan Mengontrol Diri

Bekerja itu melelahkan. Setiap penghasilan atau pendapatan yang kita dapatkan berasal dari jerih payah yang luar biasa. Maka dari itu, kita bisa lebih berhati-hati dan bijak dalam membelanjakan hasil jerih payah tersebut. Setiap kali akan membeli sesuatu di luar rencana atau anggaran, kamu selalu mempertimbangkan apakah barang itu benar-benar kamu butuhkan atau hanya karena sedang ingin saja. Dengan pola pikir ini, kita bisa memiliki kontrol diri yang lebih baik lagi. Setidaknya sudah lebih peka dalam membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang sekadar keinginan.

4. Lebih Mudah Menciptakan Kebahagiaan Sendiri

Punya penghasilan sendiri, ada hal-hal yang bisa kita kendalikan seperti dalam mengatur setiap pengeluaran. Kita bisa memiliki kendali atas pengeluaran kita dari penghasilan yang kita punya. Dari sini kita bisa lebih mudah menciptakan kebahagiaan sendiri. Misalnya, saat kita ingin membeli sesuatu sebagai bentuk hadiah untuk diri sendiri (self reward) kita tak perlu menunggu orang lain atau merepotkan orang lain. Kebahagiaan pun bisa kita dapatkan sendiri.

5. Tidak Gampang Panik Hadapi Situasi Tak Terduga

Kamu berusaha untuk tetap tenang di berbagai situasi. Walau tidak semua masalah langsung ketemu solusinya, setidaknya kamu tidak memperburuk situasi yang ada. Terbiasa bekerja keras melatih dan menempa mentalmu untuk jadi pribadi yang lebih kuat. Tidak gampang panik saat hadapi situasi tak terduga.

Apa pun pilihan hidup yang kamu ambil dan jalani, semoga itu bisa hadirkan makna yang kamu inginkan dalam hidup ya. Senantiasa menjadi perempuan berdaya akan membuatmu jadi perempuan yang lebih kuat dan tegar. 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading