Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Lutut Hitam dan Cara Mencerahkannya dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Lutut yang gelap akan terjadi ketika kulit di lutut kamu lebih gelap daripada bagian tubuh lainnya. Hal ini merupakan bentuk hiperpigmentasi yang dapat terjadi ketika kulit memiliki melanin yang lebih.

Melanin merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit kita. Namun, kulit yang memiliki warna lebih gelap bukanlah menjadi pertanda penyakit. Beberapa orang menginginkan cara untuk mencerahkan agar sesuai dengan kulit lutut mereka di bagian tubuh lainnya.

Lutut yang gelap juga umum terjadi pada orang-orang dari semua warna dan jenis kulitnya. Tetapi kamu tidak perlu khawatir dan tidak membutuhkan perawatan medis. Berikut beberapa penyebab lutut hitam yang mungkin belum kamu tahu:

1. Kotoran

Kotoran bisa menempel di lutut, hal ini biasanya yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Seiring waktu kotoran dapat menempel pada kulit sebagai cara untuk melindunginya. Hal ini biasanya dapat menyebabkan area tersebut tampak lebih gelap dari kotoran itu sendiri.

2. Gesekan Ekstra

Gesekan akan megaktifkan pembentukan melanin (warna gelap) di kulit sebagai cara untuk melindungi area tersebut. Setiap kali lutut kamu bergesekan dengan sesuatu yang keras dan kasar, maka kulit akan menjadi lebih keras dan gelap.

3. Sinar Matahari

Sinar matahari akan sangat menggelapkan bintik-bintik jika tidak diperhitungkan dengan benar, bahkan dapat menggelap jika kamu melakukan aktivitas di luar ruangan.

4. Hiperpimentasi

Ketika tubuh memproduksi lebih dari jumlah normal melanin, kondisi ini dikenal sebagai Hiperpigmentasi. Peradangan akibat iritasi dan cidera kulit adalah penyebab paling mungkin dari hiperpegmentasi pada orang dengan warna kulit lebih gelap. Meskipun kondisi ini paling umum pada orang yang memiliki warna kulit lebih gelap, namun siapapun dapat memiliki wrana kulit yang lebih gelap di sekitar lutut.

5. Melasma

Hal ini biasanya akan mengacu pada hiperpigmentasi atau perubahan warna pada bercak kulit yang sering terjadi setelah kehamilan. Namun, laki-laki juga dapat mengalami melasma.

Cara Mencerahkan Lutut Hitam

6. Lidah Buaya

Tanaman satu ini memiliki sifat menenangkan dan membantu meringankan ketidaknyamanan akibat iritasi dan paparan sinar matahari secara langsung. Lidah buaya juga dapat membantu mengurangi penggelapan kulit alami akibat sinar matahari.

  • Oleskan 1 sendok makan gel lidah buaya ke lutut.
  • Oleskan dengan lembut ke kulit menggunakan tangan yang bersih.
  • Ulangi hingga 2-3 kali per minggu.

7. Kunyit

Bumbu serbaguna saru ini mendapatkan pigmen kuningnya dari senyawa kimia yang disebutut kurkumin. Banyak orang yang menggunakan bahan herbal satu ini untuk meratakan warna kulit dan mengurangi pigmentasi yang berlebihan.

  • Campurkan sendok teh kunyit dan 1 sendok makan yogurt atau madu.
  • Oleskan pasta ke lutut. Tunggu 10 hingga 15 menit.
  • Bilas dan lembabkan, ulangi 2 hingga 3 kali seminggu.

8. Teh Hijau

Daun dalam teh hijau memiliki senyawa kimia yang disebut “epigallocatechin gallate”. Hal ini dapat membuat kulit terlihat cerah, karena akan menghalani enzim yang membantu membuat melanin.

  • Seduh sekantong the hijau dalam 1 cangkir air panas, lalu biarkan hingga dingin.
  • Celupkan bola kapas ke dalam teh dan peras sisanya.
  • Gesek ke lutu dan ulangi dua kali sehari.

Beberapa cara mencerahkan lutu yang gelap dapat kamu coba di rumah. Lutut yang gelap sendiri bukan menjadi masalah yang serius dan tidak membutuhkan bantuan medis. Namun, hal ini dapat dikarenakan melanin yang lebih jadi membuat lutut akan terlihat gelap.

What's On Fimela
Loading