Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Berhenti Kepo dengan Urusan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita terlalu suka kepo dan mengurusi kehidupan orang lain daripada mengurusi hidup sendiri. Dan akhirnya, hidup kita jadi tak tenang, merasa khawatir dan membandingkan diri dengan orang lain karena merasa hidup kita tak sebaik mereka. Tentu saja kepo itu boleh, tapi jangan berlebihan hingga menyita waktumu. Karena ujung-ujungnya, kamu sendiri yang akan dirugikan dengan kebiasaan kepo tersebut.

Ingin berhenti kepo urusan orang? Lakukan cara ini untuk mengatasinya.

1. Jangan terlalu banyak bermain media sosial

Bermain media sosial itu boleh saja, apalagi itu berguna untuk kehidupan sehari-harimu. Tapi kalau kamu menggunakan media sosial untuk hal tidak bermanfaat seperti kepo tentang urusan orang lain, lebih baik dikurangi. Kalau bisa gunakan media sosialmu untuk mengikuti akun-akun yang bermanfaat saja.

2. Fokus dengan kesibukanmu sendiri

Jika kamu punya kebiasaan suka kepo dengan kehidupan orang lain, kamu bisa mengatasinya dengan mencari kesibukan atau lebih fokus pada kehidupanmu sendiri. Daripada kamu menghabiskan waktu untuk mengurusi hidup orang lain yang belum tentu bermanfaat untukmu, lebih baik isi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

3. Bayangkan jika itu terjadi pada dirimu sendiri

Jika kamu suka kepo orang lain, coba bayangkan bagaimana perasaannya jika kamu sendiri yang dikepoi orang lain? Pasti rasanya sangat risih dan membuatmu tak nyaman, kan. Makanya, kalau kamu tak ingin hal yang sama terjadi padamu, maka jangan lakukukan hal yang kamu sendiri saja tidak sukai.

4. Hargai orang lain

Jika kamu ingin dihargai maka mulailah dari menghargai orang lain, termasuk menghargai privasi orang lain. Semua orang punya privasi, jadi jangan sampai kamu terlalu mengurusi hidup orang lain sampai membuatnya merasa terganggu. Karena hidupmu juga akan terasa lebih tenang jika berhenti mengurusi hidup orang lain.

5. Pikirkan dampak negatifnya

Coba bayangkan, selama kamu kepo dengan hidup orang lain, apa yang kamu dapatkan? Alih-alih mendapatkan manfaat, kamu malah jadi iri, suka membandingkan diri dengan orang lain, membuatmu insecure dan pada akhirnya hidupmu sendiri yang tak bahagia.

Kepo tentang kehidupan orang lain itu boleh saja kok, tapi sewajarnya saja. Jangan sampai berlebihan, apalagi hingga kamu lupa dengan kehidupanmu sendiri.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading