Sukses

Lifestyle

15 Penyebab Malas yang Sering Menghantui Kamu

Fimela.com, Jakarta Kemalasan seringkali dialami oleh banyak orang, hal ini wajar terjadi pada kamu. Saat kita malas tentu tidak ingin melakukan apa pun dan tidak menghabiskan energi. Selain itu ketika kamu sedang melakukan pekerjaan yang sulit, bahkan tidak mungkin kamu lakukan biasanya membuat kamu malas melakukan tantangan tersebut.

Terkadang saat malas kita berfikir akan mengistirahatkan tubuh ketika melakukan aktivitas seharian. Padahal apa yang kita lakukan belum tentu terlalu effort dan belum waktunya beristirahat. Istirahat memanglah baik, tapi jika kamu istirahat dan bermalas-malasan maka akan membuat kamu membiasakan hal tersebut.

Mungkin jika kamu hanya ingin hidup berbaring dan bersantai, sedikit membosankan karena kamu tidak melakukan aktivitas seharian seperti jalan-jalan, bekerja, atau melakukan hobi yang kamu sukai. Yuk intip apa saja penyebab kemalasan yang sering menghantui:

1. Kurangnya Motivasi

Penyebab pertama malas biasanya dikarenakan kurangnya motivasi. Mungkin kamu selalu berfikir mendemotivasi diri sendiri bahwa kamu tidak bisa melakukan apa-apa, padahal memiliki motivasi itu sangatlah penting. Ini lah alasan kamu kenapa tidak ingin berubah atau sering bermalas-malasan, kurangnya motivasi juga menjadi penyebab besar kemalasan ketika kamu tidak mau melakukan apapun.

2. Tidak Memiliki Tujuan Hidup yang Spesifik

Pernahkah kamu berfikir apa tujuan hidup kamu saat ini dan untuk kedepannya? Jika kamu tidak memiliki tujuan hidup yang ingin dicapai maka ketika melakukan pekerjaan apapun akan membuat kamu sangat malas. Tujuan hidupmu akan selalu memotivasi kamu untuk bekerja, sebaliknya jika kamu tidak memiliki tujuan hidup maka akan membuat kamu menjadi lebih malas.

3. Takut Bertanggung Jawab dan Akuntabilitas

Sebagian orang akan takut dengan tanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan. Hal ini biasanya terjadi karena kamu takut salah dan harus melakukan tanggung jawab yang sama. Hal ini menjadi penyebab kemalasan karena takut untuk bertanggung jawab dengan hasil pekerjaan yang diberikan.

4. Pilihan Gaya Hidup yang Buruk

Banyak orang yang menjalani gaya hidup dengan tidak terencana atau ceroboh. Mereka terus melakukan hal yang sama terus-menerus setiap hari dan sepanjang jam, seperti menonton film atau bermain media sosial tanpa melakukan pekerjaan apapun. Media sosial cenderung membuat kita menghabiskan waktu sepanjang hari dan membuat kita mencegah untuk melakukan kewajiban dan tanggung jawab kita.

5. Takut Gagal

Semua orang pasti takut dengan kegagalan. Bukan hidup namanya jika tidak melewati kegagalan, apapun yang kita lakukan pertama kali sangat wajar gagal. Bahkan kegagalan berkali-kali bukanlah akhir dari segalanya.

Tetapi ketika kamu merasa takut untuk gagal bisa menyebabkan kamu malas, biasanya banyak orang yang tidak siap untuk mengambil risiko karena takut kehilangan apapun dalam hidupnya. Padahal, ketika kita tidak berani mengambil risiko maka tidak akan mencoba sesuatu yang baru. Kita harus mencoba sesuatu dan mengambil risiko untuk mencapai sesuatu dalam hidup kita.

6. Depresi

Depresi juga dapat menjadi kemalasan utama kalian. Dalam keadaan pikiran yang tidak karuan, banyak orang yang tidak ingin melakukan apapun dan hanya ingin hidup di ruangan gelap serta sendirian. Terkadang orang yang sedang mengalami depresi tidak merasakan energi untuk bekerja dan hanya berdiam diri.

7. Keraguan

Keraguan dan ketakutan hampir sama, tapi hidup mengartikan sebuah kepurusan yang harus kamu buat. Terkadang pikiran kita tidak dapat memutuskan apa yang harus kita lakukan, hal ini biasanya akan membawa kita terhadap kemalasan. Mungkin kita terus menyia-nyialan haris tanpa memutuskan apapun.

8. Gangguan

Ketika kamu mengalami hal yang berhubungan dengan pikiranmu, maka akan membuat pekerjaanmu terganggu. Misalnya, ketika kamu sedang menghadapi masalah dan terus menerus membuat kamu teringat dengan masalah itu, maka akan mengacaukan pekerjaanmu dan membuat kamu malas melakukannya. Semakin pikiranmu terganggu, maka akan semakin sedikit kamu dapat menyelesaikan tugas.

9. Lelah

Pekerjaan dan aktivitas sepanjang hari tentu akan membuat kita sangat lelah dan enggan melakukan apapun. Ketika kita kelelahan, pikiran kita mungkin akan berfungsi dengan cara berbeda dan tidak bekerja dengan baik dan efisien. Terkadang kita juga bekerja terlalu keras dan merasa lelah.

10. Kurang Nutrisi

Apa yang kamu konsumsi menentukan tingkat energy dan aktivitas otak kamu. Diet dan yang kamu lakukan setiap hari tentu sangat penting untuk pekerjaan sehari-hari. Jika kamu tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang seimbang maka akan membuat tubuh kamu tidak berfungsi secara baik.

11. Kebiasaan Menunda

Menunda-nunda pekerjaan tentu akan membuat kita malas. Ketika mereka tidak melakukan pekerjaan dengan tepat waktu, tentu akan membuat pekerjaan menumpuk dan menunda pekerjaan. Ketika pekerjaan yang harus kamu lakukan sekarang, mengapa tidak melakukannya sekarang?

12. Kurang Percaya Diri

Jika kamu percaya pada diri sendiri maka akan menghadapu tugas apapun dalam hidup kamu, tetapi ketika kamu merasa malas dan tidak menghadapi kepercayaan diri tentu akan membuat kamu kehilangan motivasi.

13. Ketergantungan

Kebiasaan ketergantungan dengan orang lain juga akan berakibat buruk untuk hidupmu. Ketika kamu merasa tidak hidup sendiri dan bergantung dengan orang lain, maka akan membuat kamu malas melakukan apapaun.

14. Banyak Pekerjaan yang Dilakukan

Banyak pekerjaan yang menumpuk dan harus dilakukan menjadi penyebab utama kamu malas. Ketika kamu memiliki pekerjaan yang harus dilakukan pada saat yang sama akan membuat otak cenderung bingung dan melambat. Hal ini justru akan membuat kamu berfikir tidak bisa melakukannya.

15. Kurang Benergi

Yang terakhir juga menjadi penyebab paling umum dari kemalasa. Hal ini juga dapat terjadi karena kurangnya tidur, pola makan yang buruk. Istirahat, dan olahraga. Jika kamu tidak makan, atau tidur dengan benar maka akan mengalami energi yang rendah dalam tubuh, hal ini tentu akan membuat kamu menjadi malas.

Kemalasan yang kita hadapi adalah musuh paling besar setiap orang, karena hal ini akan membuat kamu menghancurkan hidupmu. Kemalasan juga akan mencegah kamu untuk melangkah leboh jauh dan membuat kamu sulit untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading