Sukses

Lifestyle

4 Kunci Sukses Susi Pudjiastuti Dalam Menjalani Bisnis

Fimela.com, Jakarta Susi Pudjiastuti mulai dikenal masyarakat sejak menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja Joko Widodo 2014-2019. Ketegasannya dalam menjalankan tugas tidak hanya sekadar menyita perhatian melainkan juga memberikan dampak positif bagi masyarakat pesisir.

Lepas dari jabatan menteri, Susi Pudjiastuti menekuni bisnis di bidang penerbangan dengan mendirikan Susi Air. Meski hanya lulusan SMP, Susi Pudjiastuti membuktikan bahwa dirinya mampu sukses dengan caranya sendiri.

Ia mengaku tidak pernah merasa minder dengan latar belakang yang dimiliki. Rasa mendapatkan tekanan atau perasaan terintimidasi menurut Susi, terkadang hanya dari diri sendiri alias overthinking.

"Saya tidak pernah merasa dikucilkan atau terintimidasi, karena saya tidak membiarkan mindset saya bicara seperti itu. Jadi intinya berasal dari pemikiran kita sendiri," ujar mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI itu saat menjadi narasumber dalam acara Women's Economic Empowerment yang diselenggarakan Ternak Uang pada Minggu (19/12/2021).

 

Tips memulai bisnis dari Susi Pudjiastuti

Susi pun mengakui bahwa setiap perempuan memang memiliki keterbatasan dalam kemampuan fisik. Namun, perempuan pun juga memiliki bakat yang jarang dimiliki oleh laki-laki. Salah satunya intuisi atau diplomasi.

"Dari fisik, mungkin kita sebagai wanita kalah dari pria. Tapi dari intuisi atau diplomasi, kita punya kelebihan dalam hal tersebut. Intuisi dan diplomasi yang dilakukan wanita biasanya lebih efektif," imbuh wanita asal Pangandaran, Jawa Barat.

Dengan pengalaman puluhan tahun di berbagai industri, Susi Pudjiastuti memiliki beberapa tips yang bisa membuatmu lebih berani untuk memulai bisnis.

1. Jangan gengsi

Terkadang rasa gengsi atau malu menjalani sebuah profesi menjadi hambatan seseorang untuk mencoba. Termasuk dalam berbisnis.

Susi sendiri mengaku dirinya tidak pernah memilih-milih pekerjaan. Ia akan melakukan pekerjaan yang mungkin membuat tubuhnya kotor dan harus panas-panasan.

2. Tidak melulu soal uang

Ketika memulai bisnis, tidak sedikit pengusaha yang langsung memikirkan profit sebagai tujuan akhir. Namun bagi Susi, keuntungan justru menjadi sebuah bonus dari bisnis.

"Yang saya pikirkan saat memulai bisnis adalah bagaimana caranya agar saya bisa hidup mandiri dengan sekuat tenaga, tidak berorientasi pada uang. Dulu saya hanya berpikir kerja dan kerja saja dengan baik. Uang akan datang dengan sendirinya," kata Susi Pudjiastuti.

 

3. Tidak mudah puas dan suka tantangan

Ketika seseorang sudah meraih sesuatu, ia cenderung tidak ingin keluar dari zona nyaman. Padahal menurut Susi, kenyamanan hanya menjadi batu sandungan yang mematikan inovasi dan kreativitas.

Susi pun bercerita dirinnya pernah menjual sarang burung walet, berdagang ikan, dan masih banyak lagi. Bahkan setelah selesai jadi menteri, dirinya ditawari menjadi presenter. Ia pun menerima tawaran tersebut meski sudah tidak lagi muda.

4. Sensitif

Menjadi seorang pebisnis sukses harus memiliki sensitivitas yang tinggi. Menurut Susi, sensitivitas akan membuat seseorang bertahan mengaruhi kehidupan dan membuatnya mampu bertahan di kondisi apapun.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading