Sukses

Lifestyle

5 Perlengkapan Kamar Mandi untuk Makin Sayangi Bumi, Nggak Hanya Zero Waste tapi Juga Estetik

Fimela.com, Jakarta Zero waste living belakangan ini jadi topik yang banyak diperbincangkan di media sosial. Bukan tanpa alasan, seiring dengan isu pencemaran lingkungan yang semakin meningkat, perlu adanya langkah kecil dari masyarakat untuk lebih sayangi bumi. Salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup minim sampah yang bisa diawali dari rumah.

Kamar mandi menjadi salah satu sudut rumah yang banyak menghasilkan sampah. Mulai dari sampah botol sampo, sabun, hingga penggunaan tisu toilet. Membuat kamar mandi minim sampah bisa dilakukan dengan mengganti 5 perlengkapan kamar mandi berikut ini. Nggak hanya zero waste, tapi juga bisa bikin kamar mandimu lebih estetik, lho.

Botol Reusable

Botol sampo dan sabun menjadi salah satu sampah yang sering mengisi kamar mandimu? Sekarang waktunya untuk lebih mencintai bumi dengan penggunaan botol reusable. Bisa digunakan berulang kali untuk mengisi ulang berbagai produk perlengkapan mandi yang kamu miliki, kamar mandi pun jadi lebih minim sampah.

Penggunaan botol reusable ini juga bisa membuat kamar mandi jadi lebih estetik, lho. Ada banyak botol-botol minimalis dengan nuansa putih atau hitam yang bertebaran di berbagai e-commerce, lengkap dengan stiker label yang membuatnya jadi terlihat Instagramable. Bisa bikin kamar mandi naik level.

Sikat Gigi Bambu

Sebagian besar sikat gigi yang digunakan menggunakan bahan plastik. Biarpun kesannya bukan benda besar, tapi membuang sampah sikat gigi plastik secara rutin juga bisa meningkatkan kondisi pencemaran lingkungan, lho.

Demi lebih mencintai bumi, sekarang waktunya beralih ke sikat gigi bambu yang lebih ramah lingkungan. Nggak hanya itu, sikat gigi bambu juga bisa membuat kamar mandi lebih cantik. Nggak rugi kan menerapkan langkah zero waste yang satu ini.

Tempat Sampah Kayu

Kamar mandi minim plastik juga bisa diterapkan lewat pemilihan tempat sampah. Jika selama ini tempat sampah plastik yang mendominasi, nggak ada salahnya untuk mulai menggantinya dengan tempat sampah kayu. Kesan rustic yang modern bisa terlihat dari kamar mandimu, lho.

Sikat Toilet Kayu

Satu lagi nih perlengkapan kamar mandi yang bisa diganti agar lebih mencintai bumi. Jika selama ini masih menggunakan sikat toilet yang terbuat dari plastik, sekarang coba carilah sikat yang memiliki gagang kayu. Selain mendukung langkah untuk lebih mencintai bumi, kamu juga bisa menciptakan desain interior kamar mandi yang lebih cantik.

Ganti Kapas dengan Loofah Sponge

Membersihkan wajah pastinya menjadi salah satu ritual wajib yang nggak boleh dilewatkan setiap harinya. Untuk mendukung aktivitas ini, kapas menjadi hal paling umum yang digunakan. Tapi, tahu nggak sih sampah kapas yang kamu hasilkan memberikan dampak buruk untuk masa depan bumi?

Demi lebih mencintai bumi sebagai tempat tinggal, sekarang waktunya mengganti kapas dengan loofah sponge yang bisa digunakan berulang kali. Nggak hanya itu, jenis sponge yang satu ini juga memiliki kemampuan membersihkan kulit lebih maksimal sehingga bisa membantu mewujudkan kulit sehat dan cantik idamanmu.

Itu tadi beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mewujudkan zero waste living dari kamar mandi di rumah. Yuk, saatnya mulai praktikkan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading