Sukses

Lifestyle

7 Cara agar Tidak Boros dan Terjebak Diskonan saat Tahun Baru

Fimela.com, Jakarta Tahun baru 2022 mungkin akan dirayakan secara berbeda oleh setiap orang dan tidak menutup kemungkinan banyak orang akan menghabiskan uang untuk berbagai macam keperluan sebagai cara menandai pergantian tahun. Apalagi pasti ada banyak diskon akhir tahun yang menggoda.

Tapi jika kamu tak ingin bersikap impulsif apalagi boros selama akhir tahun 2021, ini sekian cara menjaga keuangan agar tak sembarangan berbelanja.

1. Tentukan batasan budget

Jangan membebaskan diri membeli apa pun hanya karena sedang banyak diskon akhir tahun. Tetap buat batasan anggaran untuk belanja. Jika kamu menjadwalkan liburan, maka buat batasan pengeluaran selama menghabiskan liburan. Penganggaran biaya adalah cara untuk membatasi pembelian dan tetap menikmati pergantian tahun.

2. Gunakan barang lama

Jika berencana merayakan tahun baru di rumah dengan lebih meriah, coba bongkar lagi barang-barang yang bisa digunakan untuk merayakannya. Tidak harus membeli hiasan baru untuk memeriahkan suasana. Kamu bisa mengeluarkan topi tahun baru yang pernah kamu pakai tahun lalu, atau bahkan mengandalkan kreativitas untuk membuatnya sendiri dari barang-barang yang ada di rumah.

3. Buat daftar belanja

Jika tertarik memberi kebutuhan konsumsi keluarga, pastikan telah membuat daftar belanja. Meski semuanya menarik untuk dibeli saat sedang diskon, tapi bukan berarti kamu akan membutuhkannya setelah membelinya. Jadi bersikaplah bijak dengan membelanjakan uang hanya untuk barang-barang yang dibutuhkan saja.

4. Anggaran yang realistis

Hanya karena kamu bisa menentukan sendiri anggaran biaya belanja, bukan berarti kamu menetapkan angka yang tidak realistis. Misalnya penghasilan bulananmu 5 juta, kamu menganggarkan bebas belanja sebanyak 5 juta pula. Itu bukan batasan yang realistis. Misalnya, anggarkan cukup 10% dari penghasilan.

5. Memasak sendiri di rumah

Daripada beli makan di luar yang jelas lebih mahal, coba buat acara masak bersama dengan keluarga saat acara pergantian tahun. Itu bukan hanya bisa lebih menghemat biaya pengeluaran tapi juga bisa memciptakan momen bermakna dengan keluarga atau orang-orang tercinta di rumah.

6. Gunakan kupon potongan harga

Jika memilikinya, manfaatkan kupon potongan harga saat belanja. Itu akan sangat membantu menghemat pengeluaran. Jika jeli dan sabar, orang hemat akan selalu menemukan barang-barang dengan harga miring namun berkualitas saat momen-momen perayaan besar termasuk saat tahun baru.

7. Bandingkan dengan harga sebelum diskon

Mungkin tak banyak orang yang memperhatikan harga sebelum diskon dan setelah diskon. Terkadang harga sebelum diskon tak jauh beda dengan harga setelah diskon, hanya saja taktik marketing membuat harga barang tersebut seakan-akan murah padahal sama saja, bahkan lebih mahal dari biasanya. Hati-hati dengan jebakan ini.

Jadi, itu dia sekian cara menahan diri agar tak boros saat akhir tahun dan tahun baru.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
2 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Membicarakan Keuangan Bersama Pasangan
Artikel Selanjutnya
3 Tips Dapat Penghasilan Tambahan dari Jual Produk Digital Mulai Paket Data Sampai Voucher Game