Sukses

Lifestyle

10 Tradisi Unik Tahun Baru yang Membawa Keberuntungan di Berbagai Negara

Fimela.com, Jakarta Setiap negara kemungkinan memiliki tradisi, budaya atau keyakinan tersendiri mengenai apa saja hal-hal yang mampu mendatangkan keberuntungan dalam hidup. Perayaan tahun baru selalu menjadi penanda dimulainya segala hal dari awal sehingga tak heran jika banyak orang mengharap keberuntungan sepanjang tahun. Dilansir dari Good Housekeeping, ini beberapa tradisi tahun baru membawa keberuntungan di berbagai negara.

1. Makan makanan bulat

Banyak budaya percaya makan makanan berbentuk bulat pada malam tahun baru akan membawa kemakmuran. Misalnya di Italia, kacang lentil dalam banyak hidangan mewakili datangnya uang koin. Di Tiongkok, buah jaeruk juga dianggap membawa keberuntungan. Di Filipina, makan 12 buah bulat memastikan satu tahun penuh kelimpahan.

2. Melempar roti ke dinding

Di Irlandia, melempar roti sisa Natal ke dinding rumah dianggap sebagai cara mengusir energi negatif keluar rumah sehingga tahun baru bisa berjalan dengan baik, damai, dan beruntung.

3. Melompat 7 kali

Di Brasil, jika kamu merayakan tahun baru di dengan air, entah itu pantai, kolam, danau, sungai dan lainnya, kamu bisa mendapatkan keberuntungan sepanjang tahun jika melompat di dalam air sebanyak tujuh kali. Kamu juga bisa berdoa sebanyak tujuh harapan di tahun baru di setiap lompatan.

4. Memakai baju putih

Di Brasil, memakai baju warna putih saat malam tahun baru dianggap sangat baik karena mewakili keberuntungan dan kedamaian. Semua orang akan berkumpul memakai baju putih juga dengan harapan memiliki lembaran baru yang bersih.

5. Memecahkan piring

Di Denmark, memecahkan piring di depan pintu rumah orang saat tahun baru bisa berarti baik karena dianggap mendoakan keberuntungan dan kemakmuran. Semakin banyak pecahan piring di depan rumahmu, maka semakin beruntung dirimu di tahun itu.

6. Mendekorasi rumah dengan bawang bombay

Di Yunani, orang-orang merangkai bawang merah dan bawang bombay untuk digantung sebagai hiasan di rumah dengan tujuan mengusir kesialan sehingga membawa keberuntungan dan kesuburan. Menggantungkan rangkaian ini di depan pintu rumah juga dianggap mengundang kemakmuran.

7. Berdiri di atas kursi dan melompat

Di Denmark lagi, malam tahun baru orang-orang akan naik ke atas kursi dan melompat ke bawah sebagai penanda 'move on' atau keluar dari tahun lalu dan masuk ke tahun baru. Cara ini dipercaya mampu membawa keberuntungan dan mengusir kesialan.

8. Membakar orang-orangan sawah

Di Ekuador, perayaan tahun baru dimeriahkan dengan membakar orang-orangan sawah dengan tujuan membersihkan dunia dari pengaruh buruk, energi negatif dan kesialan dari masa lalu sehingga tahun depan berjalan penuh keberuntungan.

9. Memakai celana dalam kuning

Beberapa negara, khususnya Amerika Latin meyakini bahwa memakai celana dalam dengan warna kuning bisa memberikan keberuntungan padamu selama 12 bulan ke depan. Jika memakai warna merah untuk menemukan cinta, dan putih untuk memberi kedamaian.

10. Menyiram air keluar jendela

Di Puerto Rico, menyiram satu ember kecil air keluar jendela dipercaya mampu mengusir roh jahat atau energi negatif sehingga tahun baru memberikan kedamaian dan keberuntungan. Jika bukan menyiram air, mereka juga bisa menabur gula di luar jendela dengan tujuan yang sama.

Wah, kira-kira tradisi tahun baru mana yang paling mengejutkanmu Sahabat Fimela? Tentu saja tradisi ini pada dasarnya untuk menciptakan kemeriahan namun pada perjalanannya juga memiliki harapan untuk masa depan.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading