Sukses

Lifestyle

Sukses sebagai Reseller Produk Kecantikan, Simak Tips dari 3 Perempuan Inspiratif Ini

Fimela.com, Jakarta Profesi reseller kian menjadi pilihan bagi banyak orang, baik sebagai pekerjaan tambahan maupun pekerjaan utama. Menjadi reseller untuk produk kecantikan pun jadi pilihan banyak perempuan. Namun, tentu saja menjalani peran reseller tidak sesederhana menjual ulang suatu produk. Ada strategi dan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan bila ingin sukses menjadi reseller. 

Berikut ini cerita dan inspirasi dari para reseller Somethinc. Somethinc merupakan salah satu brand kecantikan lokal yang menjalin kolaborasi bersama para reseller-nya melalui berbagai program inspiratif. Bagi yang saat ini berminat atau punya keinginan untuk menjadi reseller untuk mencari tambahan penghasilan atau menjadikannya pekerjaan utama, uraian kisah inspiratif ini bisa jadi motivasi sekaligus panduan awal agar bisa sukses menekuni profesi sebagai reseller. 

1. Memilih Produk yang Sejalan dengan Passion atau Hobi

Memasarkan produk yang mendukung hobi serta memiliki konsumen yang luas, menjadi jalan pintas untuk memulai bisnis reseller. Rasa senang akan mendorong Anda untuk terus mencari ide baru. Inilah yang menjadi kekuatan Somethinc, dengan produknya yang berkualitas serta memiliki pasar yang luas, bisnis Anda punya peluang besar untuk berkembang. Begitu pula yang dilakukan oleh Liza Anggraini, seorang pegawai swasta yang memilih reseller Somethinc sebagai pekerjaan sampingan. 

Berangkat dari ketertarikan serta keingintahuannya tentang industri kecantikan lokal, Liza mengikuti program reseller Somethinc setelah melihat kesamaan business value Somethinc dengan toko online miliknya. Keduanya sama-sama menghadirkan produk kecantikan lokal berkualitas yang premium affordable. Liza juga meyakini bahwa produk kecantikan khususnya skincare memiliki market yang besar, karena dipakai setiap hari. 

“Kami memang lumayan picky dalam memilih produk yang akan dijual ke pelanggan. Tetapi setelah melihat bahwa Somethinc branding-nya kuat dan menjadi top of mind di market Indonesia, kami jadi tidak ragu menjualnya ke konsumen,” ujar Liza.

Liza menambahkan, kini Somethinc adalah produk yang paling banyak diincar oleh pelanggannya selama 2021. Capaian ini turut menandai pertumbuhan bisnis toko online miliknya yang dikerjakan bersama suami. Tidak heran, keduanya berkomitmen untuk menekuni bisnis reseller ini karena melihat prospek positif di masa yang akan datang.

2. Maksimalkan Program Pendampingan yang Disediakan Brand

Dalam menjalani bisnis reseller, tentunya Anda akan menemukan berbagai tantangan, mulai dari banyaknya jenis produk yang perlu dikomunikasikan, hingga dinamika yang harus dihadapi saat berinteraksi dengan konsumen. Memahami hal tersebut, Somethinc telah mempersiapkan berbagai program pendampingan untuk reseller, mulai dari product knowledge hingga digital marketing. Tips dari Susan, pegawai travel yang kini banting setir menjadi reseller Somethinc, maksimalkan program tersebut untuk menjadi bekal sukses memulai bisnis reseller.

Dengan latar belakang non-entrepreneur, awalnya Susan sempat meragu akan keputusannya menjadi reseller Somethinc. Akan tetapi, program pendampingan Somethinc untuk reseller, khususnya edukasi produk, membantu dirinya menjadi lebih luwes dan percaya diri memasarkan produk ke konsumen. Pendampingan yang dimaksud diantaranya edukasi kandungan bahan aktif dalam skincare, cara memilih varian tone make up yang sesuai dengan warna kulit, hingga penjelasan yang informatif dibalik Somethinc melakukan reformulasi di beberapa produk. 

“Somethinc selalu menjaga hubungan baik dengan para reseller nya. Setiap rilis produk baru, mereka menyampaikan informasi produk kepada reseller dan informasi tersebut dijelaskan secara detail, kelebihan dan manfaatnya, hingga cara berkomunikasi yang tepat ketika menjual kepada konsumen. Hal itu dilakukan secara konsisten hingga reseller benar-benar mengerti,” ungkap Susan.

Tidak heran, Susan mengaku bisnis reseller lewat online shop yang dijalaninya kini membantu Susan dapat bertahan secara finansial. Susan juga berkomitmen untuk semakin menekuni dunia reseller ini dengan terus belajar dan melakukan inovasi.

3. Menjaga Hubungan Baik dengan Brand dan Sesama Reseller

Dalam sebuah bisnis, persaingan menjadi satu hal yang tidak dapat dihindari. Untuk mengatasi persaingan yang tidak sehat dan membuat Anda tetap fokus untuk mengembangkan bisnis, bangunlah hubungan yang akrab dengan brand dan sesama reseller. Somethinc pun mendukung reseller-nya untuk saling dukung dan tumbuh bersama, dengan menciptakan sistem pricing yang seimbang di market, sehingga reseller bisa berkembang tanpa sikut menyikut. Tips dari Sherin, reseller Somethinc yang kini sukses menjalani bisnis online, maksimalkan kemudahan tersebut untuk membangun koneksi seluas-luasnya dan jangan takut untuk terbuka perihal tantangan yang dihadapi. 

Sempat hiatus selama tiga bulan karena pandemi, Sherin berhasil melewati salah satu tantangan terberat dalam perjalanan bisnisnya lewat dukungan tim brand dan komunitas reseller. Sherin yang awalnya bingung melangkah dari mana, merasa sangat terbantu berkat pendampingan Somethinc untuk memulai restock dan mengirimkan barang di tengah keterbatasan operasional akibat pandemi. Dukungan dari sesama reseller juga membuat Sherin tidak ragu memesan ratusan stok, hingga akhirnya terjual habis dalam waktu dua bulan.

“Meski menjual produk yang sama, kami sesama reseller tidak ada persaingan, karena Somethinc udah menetapkan sistem harga yang sama. Jadinya, kami para reseller saling dukung satu sama lain, termasuk dengan reseller yang ada di luar daerah,” ungkap Sherin. 

Hingga saat ini, bisnis Sherin terus berkembang. Agar bisa memenuhi demand yang tinggi, Sherin kini memiliki delapan karyawan yang membantunya mengurusi operasional hingga digital marketing. Bahkan, dari sebuah unit apartemen, Sherin pindah ke ruko tiga tingkat untuk mendirikan kantor dan memperluas gudang penyimpanan.

 

Somethinc Tumbuh dan Berkembang Bersama Reseller

Sejak awal dikembangkan, reseller telah menjadi bagian penting dalam membesarkan nama Somethinc. Keseriusan ini terlihat dari rangkaian program pendampingan dan sistem yang solid untuk reseller, mulai dari edukasi produk, sistem pricing yang sehat, hingga relasi dengan reseller yang terus dijaga. 

“Komitmen ini kami wujudkan salah satunya lewat program Somethinc Class yang baru aja terselenggara pada 11 Desember lalu bersama reseller di Jabodetabek. Ini sekaligus program offline gathering pertama, yang mudah-mudahan bisa dilanjutkan di kota lainnya. Di program ini, kami juga memperkenalkan 120 produk make up Somethinc kepada reseller sebelum diluncurkan secara resmi esok harinya, agar teman-teman reseller sudah mendapatkan pemahaman yang baik sebelum menjualnya ke konsumen. Hal ini bagian dari upaya kami untuk membangun relasi yang kuat, karena kami mau tumbuh dan berkembang bersama mereka,” ujar Marsela Limesa, Co-founder dan President, Somethinc.

Marsela menambahkan, komitmen ini dilakukan untuk mewujudkan misi mereka menjadikan Somethinc sebagai start up beauty brand yang bisa go global, sehingga konsumen mancanegara bisa mendapatkan produk kecantikan terbaik di kelasnya.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai program reseller Somethinc, silakan kunjungi https://somethinc.com/en/reseller .

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading