Sukses

Lifestyle

Review Buku Save the Cat! Writes a Novel

Fimela.com, Jakarta Menemukan ide sebenarnya mudah. Mengumpulkan banyak ide pun mungkin tidak terlalu susah. Yang susah dan paling rumit adalah mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah karya yang disukai banyak orang. Mewujudkan sebuah ide yang muncul di kepala menjadi sebuah karya dalam bentuk novel, skenario, atau tulisan panjang jelas butuh proses tersendiri.

Bagi para penulis atau calon penulis, bisa menemukan metode atau panduan yang tepat untuk membuat sebuah karya sangatlah penting. Memang ada penulis yang bisa langsung menuntaskan tulisan tanpa harus membuat draf terlebih dahulu. Namun, tidak sedikit yang butuh panduan agar bisa menuntaskan tulisan yang dimulai. 

Buku Save the Cat! Writes a Novel

Judul: Save the Cat! Writes a Novel

Penulis: Jessica Brody

Penerjemah: Nuraini Mastura

Penyunting: Jia Effendi & Shera

Penyelaras aksara: Nurjaman & Lina Sellin

Penata aksara: Aniza Pujianti

Ilustrasi sampul: Andi Widiyantoro

Perancang sampul: Rhay13

Cetakan I, November 2021

Penerbit: Noura Books

Buku ini adalah berita baik bagi Anda para penulis, apalagi jika Anda sedang ingin memulai menulis novel. Save the Cat! Writes a Novel tidak mewajibkan Anda untuk mengikuti sebuah formula yang kaku dalam menulis cerita—yang dilakukannya adalah membantu Anda memahami pola yang ditemukan dalam banyak novel hebat sepanjang masa dan memastikan novel Anda akan memiliki struktur cerita yang padat seperti dalam novel-novel tersebut.

Save the Cat! mengajarkan bagaimana membangun struktur cerita dengan menggunakan templat 15 beat atau titik plot—metode yang pertama kali diciptakan untuk penulisan skenario film. Metode Save the Cat! lahir setelah penciptanya, Blake Snyder, mengamati bahwa templat 15 titik plot yang belakangan dia sebut “beat sheet” itu hampir selalu ada dalam setiap film hebat Hollywood.

Dalam buku ini, Jessica Brody mengekstrapolasi metode Save the Cat! untuk penulisan novel. Brody juga mengupas novel-novel terkenal dunia untuk menguji metode tersebut dan menyoroti 10 novel yang masing-masing mewakili genre ala Save the Cat! untuk menunjukkan penerapan metodenya kepada pembaca.

***

"Pada dasarnya, pembaca menginginkan hal yang sama... tetapi berbeda. Pembaca ingin membaca sesuatu yang mereka tahu akan mereka sukai, yang disampaikan dengan cara yang belum pernah mereka dengar sebelumnya." (hlm. 114)

Untuk menjadi penulis hebat, apakah butuh bekat? Bakat mungkin sedikit banyak memengaruhi cara kita bertutur atau merangkai kata. Hanya saja jelas butuh tekad, kemauan, dan kedisiplinan untuk bisa menjadi penulis yang karyanya disukai banyak orang.

Buku Save the Cat! Writes a Novel karya Jessica Brody menyajikan panduan, langkah-langkah, dan metode yang sangat bisa diikuti untuk menghasilkan karya yang berbeda dan menarik. Kalau selama ini di antara kita ada yang masih bingung menyajikan dan membuat karya yang mengalir, langkah-langkah dan panduan di buku ini bisa diikuti. Bagi yang mengalami kebuntuan menulis (writer's block), buku ini bisa membantu kita untuk kembali melanjutkan tulisan yang kita buat.

Penulis, khususnya para calon penulis, seringkali kesulitan dalam merangkai plot tulisannya. Dalam penulisan novel atau skenario, penting untuk memiliki plot yang jelas agar bisa membuat tulisan benar-benar utuh. Di buku ini ada metode yang menggunakan templat 15 beat atau titik plot yang bisa kita jadikan panduan dalam merangkai tulisan jadi karya yang utuh. 

"Kita tidak bisa terlalu mengasihani si pahlawan super hingga kita mau menyerah saja. Dan kita tidak bisa merasa terlalu sebal kepadanya hingga kita memutar bola mata, menutup buku, dan pergi mencari sesuatu yang bisa membuat diri kita merasa terhubung." (hlm. 198)

Yang menarik lagi ada sepuluh genre yang bisa dipilih dalam merangkai cerita. Salah satunya adalah Superhero. Dalam pembahasan soal menulis novel dengan genre Superhero, novel Harry Potter and the Sorcerer's Stone menjadi salah satu novel yang dibedah di buku ini. Ada elemen-elemen dan hal-hal menarik yang bisa dijadikan panduan dari novel tersebut bagi kita yang ingin membuat karya dengan mengangkat seorang hero. 

Lalu, ada juga genre Fool Triumphant. "Hero dalam tipe cerita ini adalah orang yang 'bodoh' (pecundang terbaikan). Kekurangan terbesar hero ini (sekaligus kekuatannya) adalah fakta bahwa dia terus-menerus diabaikan, biasanya oleh semacam institusi atau sekelompok orang," inilah penjelasan tentang cerita dengan genre Fool Triumphant. Karya dengan genre ini bisa ditemukan di novel seperti The Princess Diaries, Bridget Jones's Diary, dan Jane Eyre. 

"Kita merasa terhubung dengan cerita-cerita Fool Triumphant karena kita semua pernah mengalaminya. Kita semua pernah berjuang untuk bisa diterima, dan kita semua, di titik tertentu dalam hidup kita, pernah diragukan oleh orang lain." (hlm. 240)

Dee Lestari dalam tulisannya di bagian Pengantar buku ini mengungkapkan, "Dengan adanya buku Save the Cat! Writes a Novel dari Jessica Brody, pekerjaan para penulis niscaya bisa dimudahkan. Yang lebih penting lagi, dicerahkan." Ya, membuat sebuah karya seperti novel atau skenario butuh waktu dan proses yang tidak sebentar. Memiliki panduan atau mengikuti metode menulis yang tepat jelas akan memudahkan setiap penulis untuk menghasilkan karya yang berbeda dan menarik.

"Pastikan Anda memberi pembaca ruang untuk bernapas di antara titik-titik plot utama." (hlm. 372)

Bagi yang saat ini sudah punya ide tulisan, kita bisa langsung menerapkan teknik dan metode yang diuraikan di buku ini. Kalau pun belum punya ide untuk menulis, setidaknya dari pemaparan yang sangat detail soal membangun karakter, latar, dan plot di buku ini bisa memberi kita inspirasi dan motivasi untuk menemukan gagasan baru.

Save the Cat! Writes a Novel merupakan buku yang sangat membantu para penulis menciptakan karya terbaiknya. Temukan juga novel-novel terlaris (atau mungkin novel favoritmu juga) dibedah di buku ini. Seperti kalau ingin membuat karya yang sefenomenal Harry Potter, setidaknya kita bisa tahu aspek apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membuat novel yang semenarik itu. Selain itu, ada banyak kiat yang bisa diikuti untuk menghasilkan karya yang tak hanya menarik, tetapi juga inspiratif dan disukai oleh banyak orang.

Jadi, sudah siap untuk menjadi penulis?

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Review Buku Novel Memory Bookstore
Artikel Selanjutnya
Review Buku Rumah di Tanah Rempah