Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Lebih Peka pada Perasaan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Peka atau sensitif terhadap perasaan orang lain akan membantu kita agar lebih memahami apa yang orang lain rasakan dan alami. Dalam hidup, kepekaan itu sangat dibutuhkan, karena itu akan membuat kita jadi lebih peduli terhadap lingkungan dan orang di sekitar kita.

Tetapi, tidak semua orang lho memiliki sifat peka terhadap perasaan atau kondisi orang lain, apalagi sekarang orang lebih sering sibuk dengan ponsel dan hidup sendiri-sendiri. Untuk menumbuhkan sifat peka dalam dirimu, kamu bisa melakukan hal berikur ini.

1. Perhatikan bahasa tubuh dan ekspresi orang lain

Secara tidak langsung bahasa tubuh dan ekspresi mencerminkan isi hati dan pikiran seseorang. Jadi, kamu harus lebih jeli memerhatikannya. Perhatikan bagaimana seseorang berbicara, bagaimana perubaan ekspresinya dan gerak tubuhnya. Masing-masing sinyal bisa mengungkap perasaan seseorang.

2. Mendengarkan curhat orang lain

Saat seseorang sedang berbagi cerita denganmu, jangan terburu-buru untuk memotong atau malah mengabaikannya. Jadilah pendengar yang baik agar kamu bisa merasakan emosi seseorang, dengan begitu kamu akan lebih peka dan lebih bisa berempati.

3. Latih intuisimu

Setiap orang pasti memiliki intuisi atau firasat, ini sejenis kata hati yang secara alami ada dalam diri kita. Firasat membuat kita menggunakan indera dengan berbagai cara, termasuk membuat seseorang mengetahui hal-hal tertentu begitu saja, tanpa penjelasan logis. Terkadang, perasaan ini mendorong seseorang untuk melakukan hal yang tak biasa dilakukannya.

4. Lebih peduli terhadap orang di sekitarmu

Jangan menunggu orang lain untuk berbagi denganmu, tetapi kamu yang harus lebih aktif dan menunjukkan kepedulianmu pada mereka. Jika kamu melihat seorang kesusahan, setidaknya tanyakan apa yang bisa kamu bantu. Memperlihatkan kepedulianmu pada orang lain juga termasuk cara melatih diri agar lebih peka.

5. Sering membantu orang lain

Kamu harus siap menolong orang-orang yang ada di sekitarmu, barangkali ada sesutu yang bisa kamu lakukan untuk mereka walaupun itu sangat sederhana. Selain bermakna bagi orang lain, kamu juga akan semakin terlatih untuk lebih peka terhadap kebutuhan orang lain.

Nah, itulah sekian cara untuk menumbuhkan kepekaan agar kita lebih peduli terhadap lingkungan di sekitar kita.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading