Sukses

Lifestyle

5 Cara Melatih Kesabaran agar Tidak Mudah Emosi

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang memiliki kesabaran yang tinggi terutama saat sedang emosi. Saat emosi meledak, itu mudah membuat kita impulsif sehingga bertindak di luar kendali. Melatih kesabaran adalah hal yang perlu dilakukan, karena dengan sabar kita akan jadi orang yang lebih dewasa, tidak mudah menyalahkan orang lain dan memperbaiki hubungan dengan orang di sekitar kita.

Agar kamu menjadi orang yang lebih sabar, coba praktikan beberapa tips berikut ini.

1. Lihat masalah dari sisi positifnya

Kalau kita melihat segala sesuatu dari sisi buruknya, mudah bagi kita untuk bersikap kasat dan emosional. Untuk menghindari perasaan sedih dan kecewa yang berlebihan, biasakan dirimu untuk melihat segala sesuatu dari sisi positifnya. Percayalah di balik kejadian buruk yang menimpamu pasti ada hikmah di dalamnya.

2. Biasakan berpikir sebelum bertindak

Mungkin sulit untuk berpikir jernih saat emosi sedang meledak, tetapi kamu harus belajar mengendalikan emosimu. Jika kamu kesulitan untuk berpikir, tenangkan dirimu dengan menarik nafas atau berhitung secara perlahan itu akan membantumu menaahan emosi. Setelah merasa tenang, baru berbicara.

3. Jangan merespon semua hal

Bedakan mana hal yang penting dan tidak, karena tidak semua hal perlu kamu respon. Jangan habiskan energimu untuk mengurusi sesuatu yang tidak penting dan tidak membawa dampak positif untuk hidupmu.

4. Bergaul dengan orang yang positif

Bergaul dengan orang yang memiliki sifat buruk akan mudah memancing emosi kita, jadi hindari pertemanan seperti itu. Sebaliknya, bergaullah dengan orang yang positif agar kamu lebih bisa mengendalikan diri dan mereka juga bisa mengingatkanmu saat kamu berada di jalur yang salah.

5. Lebih banyak beribadah

Ibadah, meditasi atau kegiatan relaksasi lainnya merupakan salah satu cara untuk menciptakan jiwa yang tenang agar menjadi orang yang jauh lebih sabar. Beribadah akan memberimu kekuatan dari dalam untuk mengendalikan diri sendiri untuk melawan hawa nafsu dan emosi.

Itulah sekian cara yang bisa kamu lakukan agar menjadi orang yang lebih sabar. Semoga bermanfaat!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading