Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Merasa Capek Insecure Terus

Fimela.com, Jakarta Merasa insecure terus, hm... pastinya bikin capek ya. Hari-hari yang dilalui dengan perasaan galau, cemas, dan gelisah pastinya sangat menguras tenaga. Terus dibayangi perasaan rendah diri dan merasa diri tak berguna benar-benar melelahkan.

Tapi, tahukah bahwa rasa insecure bisa jadi merupakan sebuah sinyal? Sinyal bahwa pada titik ini ada perubahan yang perlu kamu buat untuk hidup lebih baik. Saat kamu merasa capek insecure terus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan perubahan yang lebih baik dalam hidup.

1. Temukan Penyebab Utama Insecurity yang Dirasakan

Cari tahu akar atau penyebab utama rasa insecure yang kamu rasakan. Setidaknya cari tahu pemicu awal yang membuatmu merasa gelisah dan tidak tenang saat. Cari tahu titik awal kamu mulai merasa tidak nyaman. Lalu, dari sini kamu bisa fokus untuk cari jalan keluar terbaiknya.

2. Terima Realitas yang Ada

Misalnya, kamu merasa insecure saat ini karena belum mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Sudah berkali-kali kamu mencari lowongan kerja tapi belum ada satu pun yang menerimamu. Dari sini, ada baiknya menerima realitas yang ada. Terima kenyataan bahwa ada perjuangan yang masih harus kamu lalui. Sehingga bisa kembali mengumpulkan energi dan tenaga untuk melangkah lagi.

3. Kerjakan Hal Satu per Satu

Ambil kertas dan pena. Lalu, tulis hal-hal yang perlu kamu lakukan. Tidak bisa kita terus berdiam diri ketika dilanda rasa insecure. Justru kita perlu melakukan sesuatu sebab insecurity bisa jadi sinyal bahwa ada peluang dan kesempatan yang perlu kamu ambil atau ciptakan untuk hadirkan perubahan hidup yang lebih baik. Kerjakan hal-hal satu per satu, sesuai kemampuanmu, dan dengan upaya terbaikmu.

4. Berterima Kasih pada Diri Sendiri

Saat ini, satu-satunya orang yang paling butuh perhatian adalah dirimu sendiri. Maka dari itu, kembali sayangi dan berterima kasihlah pada diri sendiri. Berterima kasih karena sudah berupaya dan melakukan hal terbaik hingga titik ini. Jalanmu tidak mudah, tapi kamu masih berjuang dan bertahan, dan itu sudah merupakan pencapaian terbaik untukmu.

5. Cari Bantuan Bila Merasa Perlu

Kalau kamu sudah mulai merasakan gejala depresi, ada baiknya memang untuk mencari bantuan profesional ke psikolog atau psikiater. Mencari bantuan bisa bantu atasi rasa tidak nyaman dalam diri. Bahkan sekadar mengobrol atau curhat ke orang terdekat bisa bantu ringankan perasaan dan hatimu. 

Semoga tips-tips di atas bisa bantu redakan rasa insecure yang kamu rasakan, ya. Apa pun perjuangan yang sedang kamu jalani saat ini, semoga segera ada kebaikan dan keindahan yang bisa kamu dapatkan.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading