Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Sederhana agar Tidak Insecure Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Rasa rendah diri, tidak nyaman, bahkan hilang kepercayaan diri pada satu titik kehidupan merupakan hal yang sangat wajar. Dengan perjalanan hidup yang penuh liku, kadang kita dihadapkan pada situasi yang tak nyaman. Rasa insecure pun kadang menjadi bagian tak terpisahkan dari diri kita.

Meskipun begitu, selalu ada cara yang bisa kita coba agar tidak insecure berlebihan. Ada sejumlah kebiasaan yang bisa diadopsi dan diterapkan dalam keseharian agar kita tidak gampang gelisah atau insecure. Selengkapnya, langsung saja simak infonya di bawah ini.

1. Menulis Jurnal Harian

Melansir laman mrporter.com, John Siddique seorang konselor dan penulis menyarankan untuk menulis jurnal sepuluh menit per hari. "Tandai pengalaman harianmu dan bagaimana reaksimu. Apa yang kamu lakukan atau katakan yang tidak mencerminkan dirimu yang sesungguhnya? Langkah apa yang akan kubuat besok untuk mencerminkan hal yang sangat kuinginkan dan siapa diriku sesungguhnya?" paparnya. Menulis jurnal bisa bantu menguraikan isi pikiran dan mencegahmu merasa gelisah atau insecure berlebihan.

 

2. Rutin Menikmati Alam

Serangkaian penelitian yang dipublikasikan di Journal of Environmental Psychology menemukan hubungan positf yang konsisten antara berada di luar ruangan dan vitalitas. Para subjek yang pergi ke pantai, danau, dan hutan secara rutin mendapat skor yang lebih tinggi untuk energi, kebahagiaan, dan persepsi kreativitas diri yang lebih besar. Kita bisa memulainya dengan lebih rutin jalan-jalan di luar rumah untuk mendapat udara segar pada pagi hari agar pikiran lebih rileks dan tubuh lebih bugar.

3. Miliki Hobi untuk Mengekspresikan Diri

Mempunyai hobi akan memudahkanmu untuk mengekspresikan diri. Bisa mengasah daya kreativitas sekaligus menjaga kesehatan mental. Kalau selama ini kamu sering merasa insecure, cobalah untuk meluangkan waktu khusus untuk menekuni sebuah hobi yang menyenangkan.

4. Mencoba Tantangan Baru

Ini bisa jadi kebiasaan yang menyenangkan. Kalau sehari-hari kamu sering merasa tidak bersemangat dan bawaannya insecure terus, kamu bisa mencoba tantangan baru. Entah belajar hal baru, menaklukkan sebuah medan baru, atau bertemu dengan orang baru. Punya pengalaman baru akan membuka pandanganmu jadi lebih luas, sehingga tidak lagi terjebak dalam rasa insecure berlebihan.

 

5. Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Bagi yang terlalu sibuk atau punya jadwal harian yang padat, kadang rasa letih dan stres rentan membuat kita merasa insecure. Kalau kondisinya seperti ini, bisa coba untuk membiasakan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Entah dengan pergi ke kafe sendiri atau sekadar bersantai di rumah membaca buku sendiri untuk membuat pikiran lebih rileks.

Kalau perasaan insecure hadir terus menerus dan semakin intens, cobalah untuk mencari bantuan profesional, ya. Bisa ke psikiater atau psikolog untuk mendapat penanganan yang lebih tepat. Semoga info di atas bisa jadi referensi untuk membangun kebiasaan harian yang lebih baik untukmu.

#WomenforWomen 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Menjadi Working Mom tanpa Insecure, Kuhadapi Semua Tekanan dengan Cara Ini
Artikel Selanjutnya
Selalu Ada Harapan bagi Kita yang Mau Terus Melangkah

Live Streaming

Powered by