Sukses

Lifestyle

5 Tips Hidup Sederhana yang Bikin Bahagia

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara untuk bahagia adalah hidup sederhana. Selain membawa kebahagiaan, hidup yang sederhana akan membuatmu jauh lebih menghargai hidup, bisa menghemat keuangan, hidup semakin tenang dan jauh dari rasa iri terhadap orang lain.

Buat kamu yang mau hidup sederhana, kamu bisa memulainya dengan melakukan hal berikut ini.

1. Sesuaikan gaya hidup dengan kemampuan

Menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan adalah cara yang paling mungkin dilakukan untuk hidup sederhana. Jangan memaksakan gaya hidupmu hanya demi gengsi, apalagi karena ikut-ikutan tren atau orang lain. Kamu hanya perlu menjadi diri sendiri, dengan berpakaian senyaman kamu, tidak melakukan hobi yang sederhana dan dahulukan kebutuhan daripada keinginan.

2. Jangan impulsif dalam berbelanja

Dalam berbelanja sekalipun, kamu perlu berpikir secara matang terlebih dahulu. Jangan mudah tergiur karena harga murah, diskon dan sebagainya, dahulukan apa yang menjadi kebutuahanmu daripada keinginan. Belilah barang kalau kamu memang sangat membutuhkannya, sudah harus diganti atau rusak.

3. Tidak perlu ikut gaya hidup orang lain

Jangan melakukan sesuatu karena ingin disukai orang lain, tapi lakukanlah hal yang kamu sukai dan karena itu kamu merasa bahagia. Jadi, kamu bisa menjadi diri sendiri tanpa perlu ikut-ikutan gaya orang lain. Mengikuti standar orang lain hanya akan membuat hidupmu jadi kesusahan.

4. Bersyukur atas apa yang kamu miliki

Fokuskah pada apa yang kamu miliki bukan pada apa yang tidak kamu miliki, dengan begitu kamu akan merasa lebih bahagia. Mensyukuri apa yang kamu miliki akan membuatmu merasa cukup dan merasa puas dengan apa yang ada dalam hidupmu

5. Bermurah hati

Berbagi dan memberikan apa yang kamu punya pada orang lain termasuk cara hidup sederhana. Selain itu, dengan berbagi akan membuatmu merasa bahagia dan lebih beryukur atas hidupmu. Berbagi tak mesti dalam bentuk materi, tapi dalam bentuk pertolongan dan perhatian pada orang lain juga merupakan bentuk berbagi.

Selain beberapa cara di atas, kamu juga juga bisa memulai hidup sederhana dengan lebih bisa mengendalikan diri, fokus pada diri sendiri, mengatur keuangan dengan bijak, lebih kreatif dan membuat perencanaan yang matang.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading