Sukses

Lifestyle

5 Tips Menjalani Rutinitas Kerja yang Nyaman tanpa Merasa Insecure

Fimela.com, Jakarta Rutinitas bekerja menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Kesibukan dan aktivitas kerja menyita banyak waktu kita setiap hari. Kalau kita tidak bisa mengatur waktu dan prioritas dengan baik, maka kita bisa rentan stres bahkan terus merasa insecure.

Saat sibuk bekerja, kadang kita masih dibayangi rasa insecure seperti merasa belum cukup sukses, belum punya banyak uang, belum membuat pencapaian yang baik, dan sebagainya. Bahkan kadang kita masih membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain di tengah kesibukan kerja. Maka, agar bisa tetap nyaman menjalani rutinitas kerja, ada hal-hal yang bisa kita upayakan untuk dijadikan kebiasaan harian.

1. Awali Hari dengan Sarapan Kaya Protein

Awali hari dengan sarapan sehat. Untuk menu sarapan yang sehat, coba pilih menu tinggi protein. Makanan yang mengandung protein bisa membuat kita kenyang lebih lama dan menjaga kestabilan gula darah. Menu sarapan sesimpel telur rebus dan telur dadar bisa cukup memberi energi tubuh kita untuk beraktivitas memulai hari.

2. Luangkan Waktu 20 Menit untuk Olahraga

Luangkan waktu setidaknya 20 menit per hari untuk olahraga. Manfaatkan dan optimalkan waktu 20 menit tersebut untuk olahraga. Apalagi bagi yang sehari-hari bekerja dengan duduk di depan laptop atau komputer, penting untuk meluangkan waktu berolahraga walau hanya sebentar.

3. Buat Jurnal Harian

Kita bisa menyiapkan jurnal atau catatan khusus yang berisi semua jadwal hingga pencapaian kita. Membuat jadwal akan membantu kita untuk bisa lebih fokus menyelesaikan setiap tugas atau setiap pekerjaan yang ada. Selain itu,  dari setiap pencapaian yang berhasil kita buat, kita bisa mengukur dan mengatur kembali prioritas dan waktu kita. Dengan begini, kita bisa lebih terarah dalam memaksimalkan waktu bekerja yang kita punya.

4. Dapatkan Waktu Istirahat yang Cukup

Demi terjaganya produktivitas kerja, kita perlu meluangkan waktu khusus untuk bisa istirahat. Terlalu jenuh dalam rutinitas pekerjaan bisa memicu stres. Kalau sudah stres, kekebalan tubuh akan menurun dan membuat kita rentan sakit. Jadi, daripada "menunggu" jatuh sakit, mending luangkan waktu untuk senantiasa mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

5. Pelajari Hal Baru

Rasa insecure karena rutinitas pekerjaan yang sangat repetitif bisa menyebabkan burnout. Di sini kita bisa menyiasatinya dengan memelajari hal baru. Kita bisa mencoba sesuatu yang baru sebagai variasi agar tidak jenuh dengan hal yang sama. Bisa mencoba belajar keahlian baru, mengikuti kelas baru, atau bisa juga bergabung dengan komunitas baru. Mencoba hal baru bisa mengalihkan perhatianmu dari rasa insecure yang menghampiri.

Semoga apa pun yang sedang kamu kerjakan saat ini bisa berbuah manis, ya. Atur waktu sebaik mungkin untuk bisa bekerja dengan nyaman dan beristirahat yang cukup.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading