Sukses

Lifestyle

Asah Keterampilan Perempuan Jalani Bisnis UMKM Berbasis Digital dalam Program Akselerator

Fimela.com, Jakarta Di tengah situasi pandemi, bisnis UMKM menjadi salah satu sektor yang membantu menopang perekonomian nasional. Berdasarkan penelitian, 60% bisnis UMKM dikelola oleh perempuan. Artinya, perempuan memiliki peran yang cukup besar dalam pergerakan ekonomi nasional.

Hal ini juga disadari L'Oreal Paris sebagai gerakan pemberdayaan yang perlu didukung dengan memberikan akses sebanyak mungkin kepada perempuan. Menurut Maria Adina, Brand General Manager L'Oreal Paris, peran perempuan di masa pandemi menjadi sangat penting.

"Banyak perempuan ibu rumah tangga yang menjalani usaha kecil-kecilan. Tapi bisa menopang bisa ekonomi keluarga," kata Maria Adina.

Salah satu dukungan nyata, L'Oreal Paris mendukung program akselerator yang diselenggarakan oleh Stellar Women dalam Stellar Power Accelerator 2022. Program ini mengajak perempuan Indonesia untuk kembali diasah lewat kelas inspirasi, mentoring, dan pemantapan bisnis UMKM berbasis digital.

 

Kembali hadir dengan kurikulum baru

Program ini menjadi kali kedua dilaksanakan Stellar Women. Tahun ini, Stellar Women Accelerator kembali hadir dengan kurikulum yang telah dikembangkan dari tahun sebelumnya. Program ini akan berlangsung selama delapan minggu, mulai dari 18 Januari hingga 8 Februari 2022 yang terdiri dari tiga program utama, yakni Kelas Stellar Power Accelerator, Mentorship, dan Demo Day.

"Tahun ini menjadi lebih spesial karena kami dapat bermitra dengan L’Oréal Paris yang telah terbukti berdiri dan mendukung perempuan berdaya tidak hanya di Indonesia namun juga dunia. Kami juga menggandeng Blibli sebagai exclusive ecommerce partner Stellar Power Accelerator 2022, untuk pelatihan pengelolaan ecommerce kepada perempuan Indonesia. Bentuk-bentuk kerja sama ini sejalan dengan visi Stellar Women untuk memberdayakan sekaligus mendukung pemimpin perempuan mewujudkan potensi terbesarnya, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan profesional," kata Samira Shihab, selaku Founder dari Stellar Women.

 

Kelas hingga Demo Day

Pada kelas Stellar Power Accelerator, akan hadir lebih dari 45 ahli sebagai pembicara yang membawakan topik seputar bisnis maupun mental wellness yang perlu dimiliki oleh perempuan. Di antaranya Uma Hapsari (Founder of Amazara.id), Teresa Wibowo (CEO RupaRupa), Dinda Puspitasari (Illustrator), Prita Ghozie (CEO ZAP Finance), Lisa Widodo (COO Blibli), Najwa Shihab (Founder Narasi), Cinta Laura (L’Oréal Paris Spokesperson, Aktris, Penyanyi, Aktivis Sosial) dan masih banyak lagi. Kelasnya sendiri akan berlangsung pada setiap Selasa malam pukul 18.00-20.30 WIB.

Sementara pada Mentorship, 300 peserta terpilih akan mendapatkan pendampingan dari perempuan pengusaha yang sudah sukses menjalani bisnisnya. Bersama lebih dari 20 womenpreneur sebagai mentor, peserta akan dibina untuk mengembangkan bisnis dengan tepat.

Di akhir program, peserta yang lolos tahap kurasi proposal bisnis berkesempatan untuk menunjukkan invoasi bisnis di hadapan juri yang merupakan investor dan pebisnis berpengalaman. Pemenang Demo Day akan mendapatkan hadiah tunai total Rp50juta.

"Harapannya ada yang lahir sebagai perushaaan multinasional," tutup Maria Adina.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
2 UMKM Promosikan Produk Indonesia di Swiss, dari Kopi Hingga Keripik
Artikel Selanjutnya
Modul Literasi Keuangan dari Tokopedia Bersama BI dan OJK untuk UMKM Berikut Topik Menariknya