Sukses

Lifestyle

Tips Berbelanja Online ala Tyna Dwi Jayanti agar Tidak Impulsif

Fimela.com, Jakarta Terjadinya pandemi COVID-19 mengubah banyak hal dalam kehidupan sehari-hari, termasuk gaya hidup masyarakat. Bahkan, dalam pemenuhan kebutuhan pokok seperti berbelanja pun kini sangat disarankan untuk dilakukan secara online melalui e-commerce.

Dari banyaknya e-commerce yang bisa dipilih menjadi sarana masyarakat berbelanja, salah satunya tentu adalah Shopee. Dalam sebuah siaran pers pada Jumat (14/1/2022), Shopee membahas tentang perubahan cara berbelanja yang dilakukan masyarakat. Bahkan kini, masyarakat harus membiasakan diri melakukan segala sesuatu termasuk berbelanja secara online.

Masih dalam acara yang sama, salah satu pembicara yang hadir adalah seorang Lifestyle Content Creator, Tyna Dewi Jayanti. Perubahan dalam hal berbelanja ini juga turut dialami oleh Tyna.

Tyna menjelaskan bahwa sebelum pandemi terjadi, dia nyaris tidak pernah melakukan belanja secara online. Tapi semua berubah setelah pandemi datang dan memaksanya untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Kemudian, Tyna mengatakan, dari yang sebelumnya ia belum terlalu mengetahui cara berbelanja secara online, kini dirinya telah berada di titik sangat berterimakasih dengan segala kemudahan dari berbelanja online di e-commerce. Sekarang Tyna bahkan jauh lebih sering berbelaja melalui e-commerce dibandingkan berbelanja offline dengan datang ke toko langsung.

Tips berbelanja online

Tyna mengaku bahwa saat awal-awal merasakan kemudahan dari belanja online, ditambah dengan berbagai diskon yang ditawarkan, dia cenderung menjadi belanja secara impulsif. Semua itu karena hanya dengan melakukan satu kali klik, barang yang diinginkan akan langsung terbeli.

Namun setelah banyak pengalaman dalam menggunakan e-commerce, serta sudah menormalisasi kemudahan yang dirasakan dari belanja online, Tyna kini sudah bisa memperbaiki kebiasaan belanjanya tersebut.

Sebagai seorang ibu, Tyna harus bisa mengatur segala sesuatunya, termasuk dalam hal berbelanja. Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan dalam berbelanja online yang telah dibagikan Tyna, yakni:

- Sebelum berbelanja, buatlah daftar belanja yang ingin dibeli. Pastikan bahwa daftar tersebut adalah kebutuhan-kebutuhan pokok yang memang penting.

- Di daftar yang berbeda, tulislah daftar belanja yang ingin dibeli yang terdiri dari kebutuhan di luar kebutuhan pokok.

- Kalau memiliki jenis belanjaan tertentu yang sering dibeli, tentukan apakah barang-barang tersebut merupakan kebutuhan yang harus dibeli perminggu atau perbulan. Hal ini akan membuat kita belanja secara teratur dan terarah.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading