Sukses

Lifestyle

5 Cara Berdamai dengan Kegagalan

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memang merespon kegagalan dengan cara yangt berbeda-beda, ada yang memberikan respon positif namun tak jarang ada juga yang menyikapinya dengan respon negatif. Saat merasa gagal, kita mungkin mudah merasa kalau hidup kita tak berguna dan menyalahkan diri sendiri, inilah yang disebut respon negatif.

Tetapi tak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa cara untuk menerima kegagalan agar menajdi orang yang lebih bersemangat.

1. Ambil positifnya

Meskipun ini terdengar klise, tetapi percayalah bahwa selalu ada hal yang baik di balik hal yang buruk. Mungkin kali ini kamu gagal, tetapi dengan kegagalan tersebut kamu justru bisa belajar lebih banyak, menjadi orang yang lebih semangat dan jauh lebih kuat dari sebelumnya.

2. Lepaskan emosi negatif

Saat kamu mengalami kegagalan, jangan pernah menyembunyikan apa yang kamu rasakan agar terlihat baik-baik saja. Lepaskan eemosi negatif yang kamu rasakan seperti rasa kesal atau marah. Kamu bisa bercerita pada orang lain, berteriak di tempat yang lapang atau menangis.

3. Berilah penghargaan pada diri sendiri

Mau kamu gagal atau berhasil, kamu sama-sama berjuang dan berusaha untuk itu. Jadi, jangan remehkan dirimu karena kamu orang yang hebat dan mau menjalani proses. Hargai dirimu sendiri agar kamu tetap semangat dan pantang menyerah.

4. Memaafkan diri sendiri

Jangan suka menyalahkan diri sendiri hanya karena satu kegagalan yang kamu alami. Ini bukanlah kesalahan dan kamu bisa memaksimalkan usahamu di lain kesempatan. Jangan lupa untuk senantiasa memaafkan diri sendiri dan berilah waktu luang untuk dirimu agar bisa berdamai dengan semuanya.

5. Kamu tidak sendiri

Jika kamu merasa gagal, ingatlah bahwa semua orang pernah mengalaminya. Jangan pernah merasa bahwa kamu satu-satunya orang yang merasakannya karena itu hanya akan membuatmu semakin terpuruk. Tidak ada orang yang sukses dalam satu hari, jadi gagal itu hal yang wajar. Dan kalau orang lain masih bisa bangkit setelah gagal, artinya kamu juga harus bisa.

Bangkit dari kegagalan memang bukan hal yang mudah, tetapi kalau terus menerus menyalahkan diri sendiri itu hanya akan membuatmu semakin terpuruk. Selalu ada hal baik yang bisa kamu ambil dari kegagalan dan ingat kegagalan bukanlah akhir dari segalanya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading