Sukses

Lifestyle

5 Cara Atasi Insecurities saat Merasa Tidak Diterima Apa Adanya

Fimela.com, Jakarta Kita semua ingin hidup bahagia bersama orang-orang yang bisa menerima kita apa adanya. Kita pun bisa rela melakukan apa saja supaya bisa dekat dan diterima dengan utuh oleh orang-orang yang paling kita cintai. Namun, bagaimana jika pada kenyataannya ada orang yang tidak bisa menerima kita apa adanya?

Ada rasa sedih, rendah diri, atau insecure yang akan kita rasakan saat kita tidak diterima apa adanya oleh orang tercinta. Kita merasa hidup kita tak berguna. Harga diri kita pun ikut merosot. Merasa insecure saat merasa tidak diterima apa adanya adalah hal yang wajar terjadi. Akan tetapi, bukan berarti kita terus menerus tenggelam dalam kesedihan dan kekecewaan.

1. Temukan Kebahagiaan dari Dalam

Mengutip buku Happiness Inside, kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat sederhana, dan saking sederhananya sampai-sampai tidak banyak yang percaya. Untuk bahagia, kita perlu mencari dan menemukannya dari dalam. Pada dasarnya, semua perangkat kebahagiaan itu ada dan selalu ada dalam diri setiap manusia. Langkah awal yang bisa lakukan untuk bisa bahagia dari dalam adalah menerima dan bersyukur dengan apa yang telah terjadi. Kalau ada orang yang tidak bisa menerimu apa adanya, coba untuk relakan dan lepaskan saja. Bersyukurlah kamu masih bisa menjalani hidupmu dengan baik dan tetap berusaha kuat hingga saat ini.

 

2. Lepaskan Rasa Terpaksa

Sering terjadi, makin kuat seseorang menunjukkan sikapnya yang tidak menerima kita apa adanya, makin ingin kita ingin mendapatkan perhatiannya. Hanya saja, ini makin lama bisa makin membuat kita makin tersiksa sendiri. Untuk menyikapinya, kita bisa coba untuk melepaskan dan merelakannya. Tak perlu memaksakan diri minta untuk diterima oleh orang yang jelas-jelas tak menghargai kita.

3. Jadilah Versi Terbaik Dirimu

Lakukan hal-hal yang terbaik dalam hidupmu, untuk dirimu. Makin bertambah usia kita, makin banyak tantangan dan situasi tak terduga yang kita hadapi. Termasuk menghadapi orang yang tak bisa menerima kita apa adanya, tapi biarlah. Fokuslah jadi versi terbaik diri sendiri. "Manusia tidak perlu menjawab semua pertanyaan. Kau tahu apa yang terjadi jika mencoba menjawab segalanya? Kau akan kehilangan jati dirimu sendiri," tulis Jeong Moon Jeong dalam bukunya, Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang. Tidak semua tuntutan orang perlu kita penuhi, pun kita tak bisa memaksa semua orang untuk menerima kita apa adanya. Jadi, ya alangkah lebih baiknya untuk fokus jadi versi terbaik diri kita sendiri.

4. Ciptakan Pencapaian Hidup Sendiri

Tidak diterima apa adanya oleh orang yang paling kita sayangi bisa melukai harga diri. Sehingga ada rasa insecure yang cukup menyiksa. Namun, bukan berarti kita merelakan diri terjatuh begitu saja. Cobalah untuk menciptakan prestasi dan pencapaian sendiri. Bagaimana pun, tiap orang berhak untuk memperjuangkan yang terbaik dalam hidupnya.

 

5. Cintai Diri Lebih Utuh

Orang lain tak bisa menerimamu apa adanya, maka ini saatnya dirimu sendiri untuk menerima dirimu lebih utuh lagi. Cintai diri dengan lebih baik lagi. Berterima kasihlah pada diri yang sudah berjuang dan bertahan, lalu kembalilah melangkah ke depan untuk hidup yang lebih indah.

Meski tidak sulit untuk mengatasi rasa insecure ini, kita masih bisa melakukan upaya terbaik untuk tetap bersemangat menjalani hidup dengan lebih baik lagi. Thank you for not giving up in life.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading