Sukses

Lifestyle

5 Cara Sederhana Lebih Sayangi Diri tanpa Insecure Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti pernah merasakan perasaan tak nyaman seperti rendah diri, sedih, kecewa, gelisah, dan tidak tenang dalam hidup. Kehilangan rasa percaya diri hingga kehilangan harapan hidup memang sangat menyakitkan. Meskipun begitu, selalu ada cara untuk kembali kuat menjalani hidup dan lebih menyayangi diri sendiri dengan utuh. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Bye Insecurities Berbagi Cerita untuk Lebih Mencintai dan Menerima Diri Sendiri ini.

***

Oleh: Rani Muslihatin

Berbicara mengenai perasaan insecure, hampir semua orang pernah mengalaminya. Hanya saja kadarnya berbeda-beda, sehingga proses penguatan diri untuk  keluar dari rasa insecure pun juga berbeda-beda. 

Merasa insecure adalah hal yang wajar saja. Itu adalah tanda bahwa kita sebagai manusia biasa dan menyadari bahwa kita mempunyai kekurangan, kita bukanlah manusia sempurna. Namun, rasa insecure ini bisa membahayakan kita apabila kita minder secara berlebihan dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Rasa insecure bisa muncul karena kita terlalu sering membanding-bandingkan apa pun yang ada di dalam diri kita dengan apa yang ada pada orang lain. Kurangnya rasa syukur terhadap apa yang kita miliki sampai detik ini sehingga kita selalu merasa kurang, rendah, dan tidak percaya diri. 

Keluar dari Rasa Insecure

Maka dari itu, tips dari aku supaya kita bisa keluar dari rasa insecure adalah: 

1. Bersyukurlah dengan apa pun yang kita miliki hingga detik ini, kesehatan yang masih kita rasakan, nikmat makan, nikmat hidup.

2. Setop menbanding-bandingkan apa yang kita miliki, kehidupan yang kita jalani dengan orang lain. Karena setiap orang punya jalan cerita kehidupannya masing-masing, tidak harus sama seperti kita dan tidak bisa disamaratakan. 

3. Berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu. 

4. Lakukan afirmasi positif setiap hari. Katakan pada diri kita bahwa kita adalah sosok yang kuat, hebat, berharga, dan bahagia. 

5. Sayangi diri kita, jangan terlalu stres, dan fokus dengan apa yang kita kerjakan saat ini. 

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading