Sukses

Lifestyle

Ketahui 5 Penyebab Layar Monitor Bergaris Akibat Pemakaian yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Salah satu perangkat keras yang vital dalam komputer dan laptop ialah layar monitornya. Layar merupakan bagian penting yang digunakan sebagai output untuk menampilkan berbagai proses yang sedang berlangsung. 

Tiap komponen yang ada pada laptop bisa jadi telah mengalami masalah, dan begitu juga dapat terjadi pada layar atau disebut dengan monitor. Salah satu kerusakan yang sering dialami pada layar laptop adalah munculnya garis warna-warni pada layarnya.

Layar monitor bergaris secara mendadak sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak faktor, umumnya karena faktor pemakaian dan hal ini sayangnya jarang disadari. Jika layar telah alami kondisi ini, pastinya akan membuat tidak nyaman karena seluruh pekerjaan dan proses dari kinerja laptop tersebut ada pada layar dan garis membuatnya tak terlihat secara keseluruhan.

Untuk itu, kamu perlu tahu apa saja yang menyebabkan layar monitor menjadi bergaris. Berikut Fimela.com kali ini telah merangkum 5 penyebab layar monitor bergaris akibat pemakaian yang jarang disadari. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Adanya Masalah Pada Kabel Fleksibel

Penyebab layar laptop bergaris yang pertama adalah adanya masalah pada kabel fleksibel dari laptop tersebut. Kabel fleksibel merupakan sebuah kabel yang bersifat elastis yang menghubungkan antara layar laptop tersebut dengan komponen yang ada di dalamnya yang terpasang pada motherboard.

Kabel ini biasanya terleta pada bagian engsel dari sebuah layar laptop. Cobalah segera periksa kabel tersebut jika laptop kamu alami masalah ini. masalah ini merupakan hal yang paling sering terjadi karena penggunaan laptop yang dibuka dan ditutup.

2. Terdapat Kerusakan pada Komponen LCD

Penyebab layar laptop bergaris berikutnya adalah adanya kerusakan pada komponen LCD itu sendiri. Secara umum, monitor LCD merupakan sebuah layar yang terdiri dari kristal cair yang diapit oleh dua filter polarisasi serta dua buah elektroda bening.

Ketika salah satu dari komponen tersebut rusak, maka hal ini menyebabkan layar menjadi bergaris baik vertikal ataupun horizontal. Biasanya, masalah ini dapat diatasi dengan hanya mengganti layar dengan yang baru.

3. Layar Laptop Tertekan Keras

Berikutnya, penyebab layar monitor bergaris yang jarang disadari oleh penggunanya ialah menekan laptop terlalu keras. Perlu diketahui, Llyar pada laptop merupakan sebuah komponen yang sangat rentan terkena tekanan pada saat ditaruh ataupun karena faktor penggunaan.

Sayangnya, banyak orang tak menyadari bahwa hal sepele ini juga dapat memunculkan adanya garis pada laptop. Menaruh barang di atas laptop akan dapat menjadi masalah yang dapat menimbulkan tekanan yang ada pada laptop.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menaruh laptop di tempat yang aman. Jangan pernah menumpuk barang apapun diatas laptop, apalagi jika benda atau barang tersebut cukup berat.

4. Adanya Benturan pada Laptop

Penyebab layar monitor bergaris yang keempat disebabkan oleh benturan. Kadang-kadang, hal yang tak disengaja terjadi akan dapat dialami oleh laptop seperti terbentur benda keras dan sebagainya.

Kondisi ini tentunya akan dapat dialami oleh siapa saja, serta kapan saja ketika sedang beraktivitas dengan laptop masing-masing. Entah itu karena menaruh laptop, membawa laptop di dalam tas, ataupun memang tak sengaja terjatuh.

Benturan yang terjadi pada laptop merupakan salah satu penyebab layar laptop bergaris. Semakin keras benturan tersebut maka akan semakin besar risiko kerusakannya.

5. Kebiasaan Membuka atau Menutup Layar Terlalu Kasar

Penyebab layar laptop bergaris yang terakhir adalah karena kebiasaan buruk pemakaian yang jarang disadari. Mungkin kamu berpikir bahwa menutup dan membuka laptop dengan tidak hati-hati atau kasar tidak akan berdampak buruk, nyatanya kebiasaan ini dapat membuat layar terganggu. 

Perlu diketahui, layar laptop hanya dihubungkan dengan dua engsel yang sangat rentan. Jadi jika diperlakukan dengan kasar, maka tak menutup kemungkinan jika layar laptop dapat alami garis.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading