Sukses

Lifestyle

Cara Investasi Reksa Dana Lebih Jenius Mulai dari Rp10ribu dalam Satu Aplikasi

Fimela.com, Jakarta Kesadaran generasi milenial akan pentingnya investasi terus meningkat. Terlihat dari studi yang dilakukan Jenius yang menyebut 24 persen masyarakat digital savvy usia 26-40 tahun mengalokasikan dana yang dimiliknya untuk investasi.

Salah satu produk investasi yang diminati adalah reksa dana karena memiliki risiko lebih kecil dibandingkan produk investasi lainnya. Melihat kebutuhan ini, Jenius pun menghadirkan sebuah fitur terbaru dalam aplikasinya yang disebut Investasi.

“Sebagai solusi life finance bagi masyarakat digital savvy, Jenius ingin hadir untuk membantu mereka mengelola kehidupan dan keuangan dengan lebih simpel, cerdas, dan aman. Oleh karena itu, setelah melalui proses kokreasi dengan masyarakat digital savvy, Jenius meluncurkan fitur Investasi untuk menjawab kebutuhan mereka yang ingin mulai berinvestasi dengan simpel langsung dari aplikasi Jenius," kata Waasi B. Sumintardja selaku Digital Banking Business Product Head Bank BTPN.

Dalam fitur Investasi ini, terdiri sederet fitur lainnya yang membantu masyarakat bertransaksi, mengatur cash flow, hingga menabung dengan mudah. Fitur terbaru ini memudahkan pengguna dapat mengakses produk reksa dana dari beragam manajer investasi terpilih.

 

Pilih produk berdasarkan profil risiko

Bagi yang belum akrab dengan sejumlah produk reksa dana, Jenius akan membantu memilihkan produk reksa dana yang cocok sesuai dengan profil risiko. Profil risiko ini menjadi pertimbangan sebelum melakukan pembelian reksa dana. Tujuannya agar investasi yang dilakukan dapat lebih optimal.

Karena dilakukan di satu aplikasi, kamu tidak perlu transfer antar aplikasi. Melainkan hanya perlu memindahkan dana yang akan dibelikan reksa dana dari Saldo Aktif.

Jenius juga menyediakan komposisi kategori produk investasi untuk dijadikan referensi. Saat ini telah tersedia 17 produk investasi reksa dana dari tiga manajer investasi, yakni Ashmore, Mandiri, dan Schroders. Selain itu, ada empat kategori produk reksa dana yang dihadirkan, seperti pasar uang, obligasi jangka pendek, obligasi jangka panjang, dan ekuitas.

 

Cara berinvestasi di Jenius

Untuk berinvestasi sendiri Jenius menghadirkan cara yang mudah dipahami oleh setiap pengguna. Fitur Investasi ini bisa diakses pada menu Wealth dalam aplikasi dan isi kuis profil risiko.

Kuis ini yang nantinya akan menentukan profil risiko keuanganmu seperti apa. Sehingga memudahkan pengguna untuk memilih produk investasi yang tepat. Dalam kuis ini terdiri dari enam pertanyaan. Mulai dari pengalaman, rencana, dan tujuan berinvestasi.

Setelah selesai akan muncul profil risiko pengguna, yang terdiri dari konservatif, konservatif moderat, moderat, agresif moderat, atau agresif. Untuk membuka akun reksa dana di Jenius, kamu hany perlu mengisi pertanyaan seputar pendidikan terakhir dan menyetujui syarat dan ketentuan. Pengisian informasi pendidikan bukan menjadi syarat utama, melainkan hanya sekadar pemberian informasi.

Proses pembukaan akun sendiri terdiri dari tiga tahap, yakni pengajuan, verifikasi data, dan persetujuan pengajuan. Proses verifikasi ini membutuhkan waktu maksimal dua hari bursa dan Jenius akan mengirimkan notifikasi ketika status akun reksa dana berhasil diverifikasi.

 

Bisa berinvestasi mulai dari Rp10ribu

Jika akun reksa dana sudah terverifikasi, barulah kamu bisa memulai proses investasi. Pemilihan produk yang ingin diinvestasikan bisa disesuaikan dengan profil risiko yang sudah diisi sejak awal. Kemudian melakukan transaksi, dan kamu tinggal memantau portofolio reksadana dari aplikasi yang sama.

Tidak perlu khawatir dengan jumlah dana yang diinvestasikan. Pasalnya, Jenius memungkinkan kamu untuk mulai investasi dengan modal Rp10ribu saja. Sehingga kamu bisa melakukan investasi sedini mungkin untuk mempersiapkan finansial yang lebih baik.

Simak video berikut ini

#womenforwomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading