Sukses

Lifestyle

Hari Kanker Sedunia, Prilly Latuconsina Ajak Perempuan Vaksinasi HPV untuk Cegah Kanker Serviks

Fimela.com, Jakarta Penyakit kanker telah menjadi momok bagi banyak orang di seluruh dunia. Dari sekian banyaknya jenis yang ada, kanker serviks menjadi salah satu penyakit yang banyak menelan korban jiwa, khususnya perempuan.

Di Indonesia sendiri, berdasarkan data Globocan 2020, kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyebab kematian tertinggi kedua pada perempuan di Indonesia. Saat ini, kasus kanker serviks mencapai 36.633.

Melihat situasi ini, aktris muda sekaligus duta kanker serviks, Prilly Latuconsina menyerukan pada para perempuan Indonesia betapa pentingnya berinvestasi kesehatan untuk diri sendiri, salah satunya melalui vaksin HPV.

“Sekarang jamannya investasi, tapi banyak yang lupa investasi kesehatan. Padahal ini yang utama, tanpa kesehatan kita enggak bisa melakukan apa-apa. Cukup invest di vaksin, insyaAllah dengan vaksin HPV bisa lindungi kamu (dari kanker serviks) seumur hidup,” ujar Prilly Latuconsina dalam webinar Hari Kanker Sedunia, Jumat (4/2/2022).

 

Belajar dari Kasus Julia Perez

Prilly Latuconsina mengaku peduli terhadap pentingnya pencegahan kanker serviks setelah belajar dari kasus yang dialami Julia Perez atau yang akrab disapa Jupe.

Pemilik klub sepak bola Persikota Tangerang itu bercerita, dahulu tantenya sempat mengidap kanker serviks. Namun saat itu ia belum paham tentang penyakit kanker serviks itu.

Lebih lanjut, Prilly bercerita bahwa tak lama setelah sang tante meninggal dunia, dia mengenal Jupe dan mendapatkan pesan tentang vaksin kanker serviks dari dirinya.

“Dia (Julia Perez) banyak sharing sama aku kanker serviks itu apa. Aku sempat ke rumah dia beberapa kali habis dia kemoterapi. Di situ dia ngenalin aku ke vaksin HPV,” ungkap Prilly.

Dari situlah, Prilly Latuconsina paham bahwa vaksin HPV dapat mencegah virus berkembang menjadi kanker serviks. Ia kemudian memilih bersama ibunya pergi ke dokter kandungan untuk melakukan vaksinasi HPV.

Pesan Prilly Latuconsina untuk Para Perempuan Indonesia

Prilly menerangkan, dengan aktif deteksi dini dan vaksin HPV, angka kematian tinggi kanker serviks di Indonesia bisa secara perlahan ditekan. Maka di masa mendatang, perempuan-perempuan Indonesia bisa melahirkan generasi masa depan yang unggul.

“Kita harus menjadi perempuan yang siap menjaga diri kita. Sedia payung sebelum hujan dan enggak ada ruginya juga vaksin. Enggak ada efek negatifnya juga,”

“Dengan vaksin HPV kamu bisa bantu kurangi 57 perempuan meninggal setiap harinya karena kanker serviks dan jangka panjangnya, kita bisa melahirkan generasi-generasi unggul di masa mendatang,” tegas Prilly.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading