Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Kulkas Berair dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Kulkas mungkin menjadi salah satu perabotan rumah tangga yang wajib ada di setiap rumah, karena fungsi kulkas yang sangat bermanfaat untuk menyimpan makanan. Tak hanya itu terkadang kita juga akan suka dengan desain kulkas yang simple tetapi sangat elegant.

Banyak orang yang menggunakan kulkas karena manfaatnya untuk menyimpan makanan, terutama saat kita ingin stock makanan di rumah, selain manfaat kulkas lainnya juga untuk menyegarkan makanan dan membeku atau mendinginkan makanan. 

Bagaimana jika kulkas yang kamu gunakan berair? atau terjadi kebocoran pada kulkas? Tentu akan membuat kita bingung dan langsung mencari tahu apa sih penyebabnya. Tapi untuk kamu yang belum mengetahui penyebab kulkas berair berikut beberapa penyebab kulkas berair yang mungkin perlu kamu tahu:

1. Pipa Pembuangan Air memecahkan Es di Lemari

Ini merupakan salah satu penyebab kulkas kamu berair atau mengalami kebocoran, selain itu hal ini dapat terjadi ketika makanan atau kotoran yang tersumbat pada pipa drainase yang menyebabkan penumpukan es dan kebocoran air es. 

Cara Mengatasinya :

Kamu perlu mencabut steker kulkas untuk memastikan dalam keadaan aman selama masa perbaikan, setelah itu kamu dapat memeriksa apakah tabung tersebut terlipat atau tersumbat. Tak hanya itu kamu perlu menyiram dalam lemari es untuk menyiramnya menggunakan air hangat dan menggunakan pengumpul debu untuk menghilangkan kotoran.

2. Baki Air Kulkas Retak

Terkadang baki dalam kulkas juga dapat rusak, berair, bahkah bocor. 

Cara Mengatasinya

Kamu dapat mempertimbangkan apakah saluran air retak atau ada yang penyok, jika terdapat masalah tersebut kamu dapat menghubungi ahli teknisi untuk mengatasi masalah tersebut. 

3. Kebocoran Air di Baki Sayur

Buah-buahan atau sayuran biasanya akan memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga akan menumpuk, ketika kamu membeli makanan secara langsung dan langsung memasukkannya ke dalam lemari es. Air bocor dari makanan seperti sayuran maupun buah-buahan akan membuat wadah menjadi berair. Hal ini tidak hanya akan mempengaruhi umur simpan lemari es tapi juga akan membuat sayuran rentan busuk. 

Cara Mengatasinya

Perisaklah makanan di lemari dan keluarkan, selanjutnya tuangkan air dan bersihkan kompartemen sayuran. Biarkan makanan mengalir dan air yang segar dan masukkan ke dalam lemari es. 

4. Memblokir Sistem Ventilasi di Lemari Es

Jika kamu memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam kompartemen lemari es maka akan menghalangi nafas diantara pendingin dan freezer, sistem kelistrikan akan bertanggung jawab untuk mengendalikan lemari es yang telah rusak dan akan menyebabkan kebocoran air. 

Cara Mengatasinya

Periksa ventilasi (lubang ventilasia pendingin) pada dua kompartemen lemari es dan melihatnya apakah sudah tertutup dengan rapat atau belum. Selain itu kamu perlu mengatur makanan di lemari es dengan baik dan benar, jangan terlalu banyak menyimpan makanan di lemari es. 

5. Pintu Freezer Terbuka atau Mode Dingin Bermasalah

Pintu freezer dari freezer yang terbuka, maka udara dingin akan keluar. Selain itu kompartemen es akan menempel pada salju dan meleleh membuat air tumpah, tak hanya itu kapasitas pendinginan kompartemen freezer ajan berkurang dan suhu yang tidak cukup untuk membekukan makanan dan menyebabkan batu meleleh. 

Cara Mengatasinya

Periksalah sistem pemanas pada lemari es, sesuaikan tingkat panas yang sesuai untuk memastikan proses pengawetan terbaik. Selain itu atur makanan dengan tepat da jangan memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam freezer. 

Kamu perlu membatasi aliran air di lemari es, selain itu saat lemari es berair mungkin menjadi tanda bahwa kamu menggunakan kulkas dengan tidak baik dan benar atau lemari es yang tengah kamu gunakan mengalami masalah internal. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading